Kolaborasi Fikom Unpad-Pertamina NRE Sosialisasikan Energi Terbarukan

Suasana kuliah umum bertema "Strategi Komunikasi dalam Pengembangan Energi Baru Terbarukan", di Auditoriom Pascasarjana Fikom Unpad, Senin (22/4/2024).*

[Kanal Media Unpad] Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran menyelenggarakan kuliah umum bertema “Strategi Komunikasi dalam Pengembangan Energi Baru Terbarukan”, di Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad, Jatinangor, Senin (22/4/2024).

Kuliah umum yang terselenggara dengan dukungan dari PT. Pertamina New and Renewable Energy (Pertamina NRE) ini membahas peran komunikasi dalam mempromosikan dan mengadopsi energi baru terbarukan, serta tantangan dan peluang di bidang tersebut.

Kuliah umum ini merupakan kegiatan pembuka dalam sosialisasi transisi energi, kolaborasi Fikom Unpad dan Pertamina NRE. Sosialisasi ini diselenggarakan untuk menciptakan kesadaran yang lebih tinggi di kalangan mahasiswa tentang pentingnya pengembangan energi ramah lingkungan dan tantangan pengembangannya dari sudut pandang komunikasi.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) oleh Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad, Dr. Dadang Rahmat Hidayat, M.Si., dan Corporate Secretary Pertamina NRE, Dicky Septriadi.

Perjanjian ini bertujuan untuk mengintegrasikan keahlian dan sumber daya dari kedua belah pihak guna menciptakan program sosialisasi yang efektif dan menyeluruh mengenai energi baru terbarukan bagi sivitas akademika Fikom Unpad.

“Kerja sama ini merupakan langkah yang sangat penting dalam mendukung peralihan menuju energi terbarukan di Indonesia. Melalui pendekatan komunikasi yang efektif, kami berharap dapat meningkatkan pemahaman masyarakat, dalam hal ini mahasiswa tentang pentingnya transisi energi untuk masa depan yang berkelanjutan,” kata Dadang.

Sementara itu, Dicky Septriadi mengatakan bahwa Pertamina NRE sebagai bagian dari Pertamina Group berkomitmen untuk menjadi motor penggerak dalam mendukung transisi energi nasional.

“Kerja sama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad akan memperkuat upaya kami dalam menyebarkan informasi yang benar dan mengedukasi masyarakat tentang energi baru terbarukan,” jata Dicky.

Program sosialisasi yang akan dilakukan melalui kerja sama ini mencakup berbagai kegiatan. Kegiatan utama adalah pembuatan kurikulum Sosialisasi Energi Baru Terbarukan, dimana Pertamina NRE akan mengajar dalam bentuk seminar, workshop, pengembangan materi edukasi, kunjungan lapangan, serta kampanye publik melalui media massa dan platform digital.

Kerja sama antara Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad dan Pertamina ini diharapkan dapat menjadi contoh kolaborasi antara perguruan tinggi dan industri dalam mendukung transformasi energi yang berkelanjutan di Indonesia serta mendukung Net Zero Emission 2060. (rilis)*

Share this: