Unpad Jalin Kerja Sama Tridarma dengan Pemkab Belitung

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti menandatangani Nota Kesepahaman dengan Pj Bupati Belitung Yuspian, S.Sos, M.I.R di ruang Executive Lounge Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Kamis (7/3/2024). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Belitung Provinsi Bangka Belitung mengenai tridarma perguruan tinggi. Kerja sama diwujudkan dengan penandatangan Nota Kesepakatan Bersama yang diselenggarakan di Ruang Executive Lounge Unpad Kampus Iwa Koesoemasomantri, Bandung, Kamis (7/3/2024).

Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut dilakukan Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti bersama dengan Pj Bupati Belitung Yuspian, S.Sos, M.I.R. Selanjutnya dilakukan juga penandatanganan Perjanjian Kerja Sama oleh Dekan Sekolah Pascasarjana Prof. Dr. med. Setiawan, dr., dengan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Belitung Nurman Sunanda, SE.

Dalam sambutannya Rektor mengatakan, perjanjian kerja sama antara Unpad dan Pemkab Belitung ini diharapkan dapat diimplementasikan dalam berbagai bentuk kegiatan seperti pelatihan, seminar, kajian, penelitian, hingga pengabdian kepada masyarakat. Rektor juga berharap kemitraan yang terjalin dapat memberikan manfaat serta benefit yang baik bagi kedua belah pihak.

“Dekan dan tim tampaknya sudah banyak gagasan, silakan direalisasikan apakah kajian, apakah pendidikan, apakah penelitian, atau pengabdian bentuk lain dipersilakan,” ujar Rektor.

Rektor juga menyampaikan bahwa Unpad sudah menyiapkan teknologi untuk pelaksanaan berbagai kegiatan secara hybrid yang dapat membantu mahasiswa Sekolah Pascasarjana, khususnya dari Kabupaten Belitung untuk tetap bisa melakukan kegiatan perkuliahan dari jarak jauh.

Selain itu, Unpad juga senantiasa mengembangkan iptek yang dapat menjadi solusi bagi berbagai masalah yang terjadi di daerah maupun nasional.

“Jadi selain memiliki organ Sekolah Pascasarjana, kami punya semangat dengan SDM yang tentu dengan bidang ilmu masing-masing, kepakaran masing-masing, siap melakukan suatu projek kebermanfaatan bagi masyarakat dan bagi daerah Belitung,” kata Rektor.

Pada kesempatan tersebut, Yuspian mengatakan, kesempatan kerja sama ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pembangunan Kabupaten Belitung dan juga peningkatan kualitas SDM, khususnya bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Belitung.

“Nanti kami peminatnya cukup banyak, memang kawan-kawan ini merindukan untuk upgrade terutama dari S-1 ke S-2 atau bahkan bila perlu nanti ke S-3 juga dengan sistem yang sesuai dengan ASN yang ada di kepulauan,” jelas Yuspian. (arm)*

Share this: