Sebanyak 43 Mahasiswa Ikuti Seleksi Pilmapres Unpad 2024

Kandidat Mawapres Unpad sedang melakukan presentasi di hadapan para juri dalam acara seleksi Pilmapres Unpad 2024 yang digelar di Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Selasa (19/3/2024). (Foto: M. Nuha Shanata)*

[Kanal Media Unpad] Direktorat Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Universitas Padjadjaran menyelenggarakan seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat universitas tahun 2024. Pembukaan seleksi Pilmapres Unpad 2024 digelar di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Selasa (19/3/2024).

Koordinator dewan juri seleksi Pilmapres Unpad 2024 Dr. Slamet Usman Ismanto, M.Si., menjelaskan, tahun ini sebanyak 43 kandidat mengikuti seleksi Pilmapres Unpad. Peserta tersebut dikelompokkan dalam empat grup penilaian, yaitu kelompok sains dan agrokompleks, kesehatan, sosiohumaniora, dan vokasi. Total tim juri yang melakukan penilaian sebanyak 43 orang yang berasal dari kelompok dosen.

“Kita akan mencoba mendesain kembali cara seleksi yang dilakukan, sehingga Pilmapres ini merupakan puncak dari kegiatan kemahasiswaan. Dengan total juri yang ada, kita berharap akan ada masukan dan perbaikan terhadap proses yang selama ini berjalan,” kata Slamet.

Slamet menjelaskan, melalui desain seleksi yang dilakukan, Unpad akan melihat potensi sekaligus evaluasi dari para kandidat berdasarkan hasil penilaian juri. Evaluasi tersebut disesuaikan dengan kriteria penilaian mahasiswa berprestasi di tingkat nasional.

Melalui evaluasi ini, para kandidat yang belum lolos di tahun ini masih memiliki kesempatan untuk maju di tahun berikutnya. Slamet mengatakan, kandidat yang belum lolos tinggal melengkapi berdasarkan kriteria penilaian yang ditetapkan di tingkat nasional.

Slamet melanjutkan, dari desain yang dilakukan, Direktorat Kemahasiswaan Unpad memperkuat program pembinaan mahasiswa berprestasi agar lebih siap bersaing di tingkat nasional. Selain memperkuat kompetensi yang dibutuhkan saat proses seleksi di tingkat  wilayah dan nasional, mahasiswa juga akan difasilitasi untuk mengembangkan diri dalam berbagai forum akademik internasional, di antaranya dengan menjadi pembicara pada konferensi internasional.

“Kita akan gunakan pola nasionalnya seperti apa, kita akan gunakan seperti itu. Supaya dari awal kita persiapkan lebih baik,” kata Slamet.

Seleksi Pilmapres 2024 ini dibuka secara resmi oleh Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad Dr. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam. Dalam sambutannya Boy menyampaikan, grand design seleksi Pilmapres Unpad diharapkan akan mampu menyiapkan mawapres yang akan bersaing di tingkat wilayah.

“Tantangan kita sangat berat, kalau bisa lolos di tingkat LLDikti, Insyaallah ke depannya akan lancar. Dengan kerja keras teman-teman juri dan manajer akademik fakultas, mahasiswa akan mampu membawa nama baik Unpad,” pungkasnya.*

Share this: