Berusia 30 Tahun, Fkep Unpad Bertransformasi Menuju Fakultas Bereputasi Dunia

Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran menyampaikan pidato pada acara puncak Dies Natalis ke-30 Fkep Unpad, Kamis (29/2/2024).*

[Kanal Media Unpad] Memasuki usia 30 tahun, Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Padjadjaran terus menata dan mengembangkan berbagai program transformasi menuju fakultas bereputasi dunia dan berdampak pada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran Prof. Kusman Ibrahim, S.Kp., MNS., Ph.D dalam puncak peringatan Dies Natalis Fakultas Keperawatan Unpad di Aula Suharyati Gedung Dekanat Fkep Unpad, Jatinangor, Kamis (29/2/2024).

Dikatakan Prof. Kusman, hal tersebut sejalan dengan arah kebijakan pemerintah di bidang pendidikan tinggi yang menekankan pada peningkatan kualitas lulusan, dosen, dan kurikulum, serta visi Unpad untuk menuju perguruan tinggi dunia dan berdampak pada masyarakat dengan platform sebagai hybrid university.

“Fkep Unpad terus berupaya menata dan mengembangkan berbagai program transformasi, menuju fakultas yang reputasi dunia dan berdampak pada masyarakat dengan mengadaptasikan model hybrid dan work smarter,” kata Prof. Kusman.

Prof. Kusman mengatakan, dalam kiprahnya, ada berbagai capaian Fkep Unpad di tingkat nasional dan internasional. Selain itu, tantangan juga terus dihadapi untuk meningkatkan kiprah dan nama baik Fkep Unpad di masa kini dan masa mendatang.

Menurutnya, tantangan kehidupan di masa depan belum tentu sama dengan masa kini. Untuk itu, perlu dipersiapkan generasi penerus yang siap menghadapi masa depan.

“Sebagai institusi pendidikan tinggi, kita dituntut untuk mempersiapkan generasi penerus yang kompeten, kreatif, inovatif, mampu beradaptasi dengan perubahan, dan siap mengelola masa depannya dengan baik untuk kemajuan masyarakat, bangsa, dan negara,” ujar Prof. Kusman.

Lebih lanjut Prof. Kusman mengatakan, dalam upaya mempersiapkan generasi masa depan yang lebih baik, Fkep Unpad terus meningkatkan dan mengembangkan kapasitasnya agar tidak ketinggalan zaman, bahkan terus kontribusi aktif dalam rancang perkembangan masa depan, khususnya di bidang ilmu dan profesi keperawatan.

“Dirgahayu ke-30 Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran. Semoga semakin jaya dan mendunia dan bermanfaat bagi masyarakat dan negara,” ucap Prof. Kusman mengakhiri pidatonya.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Prof. Drs. Yanyan Mochamad Yani, MAIR., Ph.D. beraharap FKep Unpad dapat terus berkembang dan berjaya.

Dikatakan Prof. Yanyan, Fkep Unpad memiliki kontribusi kuat dalam meningkatkan reputasi Unpad di tingkat internasional. Hal ini tidak terlepas dari sumbangsih Fkep Unpad yang telah menghasilkan banyak publikasi internasional dan juga banyak disitasi.

“Mari kita sama-sama untuk ke depan maju bersama-sama,” kata Prof. Yanyan.

Acara puncak Dies Natalis ke-30 Fkep Unpad juga diisi penyampaian orasi ilmiah oleh Wakil Dekan Bidang Pembelajaran, Kemahasiswaan, dan Riset Fkep Unpad Windy Rakhmawati, S.Kp., M.Kep., Ph.D., dengan judul “Akselerasi Eliminasi TB 2030 Melalui Penguatan Family Engagement dalam Pencegahan TB pada Anak”. (arm)*

Share this: