Unpad Gelar Sosialisasi SNPMB dan Open House di Kampus Pangandaran

Direktur PSDKU Unpad Kampus Pangandaran Alexander M.A. Khan, PhD, membuka kegiatan Open House Unpad Kampus Pangandaran yang digelar di Exhibition Hall Gedung Akademik Unpad Kampus Pangandaran, Sabtu (17/2/2024). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran menggelar kegiatan Open House Unpad Kampus Pangandaran yang digelar di Exhibition Hall Gedung Akademik Unpad Kampus Pangandaran, Sabtu (17/2/2024). Open House tersebut digelar bersamaan dengan kegiatan Sosialisasi SNPMB 2024.

Direktur PSDKU Unpad Alexander M.A. Khan, PhD, mengatakan, kegiatan ini mengundang para kepala sekolah, guru bimbingan konseling, dan perwakilan siswa dari 20 sekolah yang ada di wiliayah Priangan Timur bagian selatan.

“Kegiatan ini bertujuan agar kita bersama-sama guru BK dan juga Kepala Sekolah untuk sharing pengalaman bagaimana SNPMB sehingga lewat kegiatan ini kita bisa saling mengetahui apa yang perlu kita pahami mengenai SNPMB,” ujar Alex saat membuka kegiatan.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan open house dan sosialisasi SNPMB tersebut digelar untuk menyebarkan manfaat seluas mungkin kepada masyarakat mengenai peluang masuk ke Unpad lewat SNPMB.

“Selain itu, kami juga ingin meyakinkan bahwa Unpad Kampus Pangandaran adalah benar-benar bagian dari Unpad dengan kualitas dan kredibilitas yang sama dan dikelola oleh tenaga pendidik dari Unpad,” kata Rektor.

Rektor menjelaskan, Unpad Kampus Pangandaran yang hadir sejak 2016 bertujuan memperluas kesempatan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa Barat bagian selatan, untuk bisa berkuliah di Unpad melalui program PSDKU. 

Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa memiliki akses memperoleh ilmu mumpuni guna meningkatkan kualitas potensi daerah, khususnya di kawasan pesisir selatan Jawa Barat.

Bagi Unpad, hadirnya PSDKU di Pangandaran juga menjadi titik kebermanfaatan yang bisa langsung dirasakan masyarakat. Untuk itu, Rektor menjamin bahwa pelaksanaan pendidikan di kampus Pangandaran tetap dalam kerangka kualitas pendidikan yang ditetapkan Unpad.

“Kami jamin kualitas pendidikan di PSDKU sama dengan yang di kampus utama,” tegas Rektor.

Saat ini, Unpad Kampus Pangandaran memiliki lima program studi, yaitu Administrasi Bisnis dengan akreditasi Baik, Ilmu Komunikasi dengan akreditasi Baik, Peternakan dengan akreditasi Baik, Keperawatan dengan akreditasi “B”, dan Perikanan Laut Tropis yang sudah terakreditasi internasional oleh lembaga akreditasi ASIIN.

Lima prodi tersebut juga bisa dipilih calon mahasiswa baru Unpad melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan Jalur Mandiri.

“Dari pengalaman sebelumnya, mahasiswa juga disediakan beasiswa dari pemerintah daerah, KIP-K, dan beasiswa dari Unpad jika memenuhi persyaratan,” kata Rektor.*

Share this: