Unpad Berpartisipasi di Ajang Pameran IIETE 2024

Sejumlah siswi sekolah menengah atas menempelkan kertas berisi harapannya untuk bisa diterima di Unversitas Padjadjaran saat mengunjungi stan Unpad di pameran pendidikan Indonesia International Education & Training Expo 2024 yang digelar di Hall B Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (22/2/2024). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran kembali berpartisipasi dalam ajang pameran pendidikan akbar “Indonesia International Education Training (IIETE) Expo & Conference” yang digelar di Hall B Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (22/2/2023) hingga Minggu (25/2/2023).

Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad Dandi Supriadi, PhD, mengatakan, keikutsertaan Unpad dalam pameran IIETE 2024 adalah untuk meningkatkan kesadaran dan penyebaran informasi kepada calon mahasiswa baru tentang program Unpad.

Beberapa informasi yang disampaikan seperti jalur masuk, program studi, hingga informasi baru yang perlu disampaikan ke publik, salah satunya program keberpihakan Unpad bagi mahasiswa baru.

“Ini adalah salah satu bagian dari usaha sosialisasi dan promosi yang dilakukan Unpad kepada publik,” ujar Dandi.

Dandi menjelaskan, kendati Unpad merupakan perguruan tinggi yang sudah dikenal publik, upaya sosialisasi dan promosi tetap perlu dilakukan. Keikutsertaan Unpad dalam ajang IIETE 2024 adalah untuk mengingatkan kembali berbagai informasi dan program yang ada di Unpad sehingga Unpad makin dikenal publik.

“Makin sering kita reminding people, maka kredibilitas kita bisa dipertahankan,” kata Dandi.

Selain itu, pameran IIETE ini merupakan ajang penting yang harus diikuti Unpad. Sebagai pameran internasional terbesar di Indonesia, keikutsertaan Unpad tidak hanya mencoba menarik minat calon mahasiswa tetapi juga menjadi ajang meningkatkan jejaring dengan mitra, khususnya dari institusi internasional.

“Tidak hanya menjaring mahasiswa baru, tetapi juga kita bisa menjalin kerja sama dengan mitra internasional,” imbuhnya.

Karena itu, Dandi mendorong para peserta pameran untuk mencari informasi yang lengkap mengenai perguruan tinggi dan program studi yang ada. Memilih program studi yang sesuai dengan minat dan kemampuan merupakan hal penting untuk bisa menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik.

“Carilah prodi yang sesuai minat dan passion. Bukan mengandalkan nama besar kampusnya, yang penting ketika sudah masuk kuliah harus sukses dan lulus. Untuk bisa lulus maka (mahasiswa) harus menikmati. Mudah-mudahan di Unpad dengan multidisiplin ilmunya, apapun minat calon mahasiswa itu dapat ditemukan,” kata Dandi.

Presiden Direktur PT. Wahyu Promo Citra selaku penyelenggara kegiatan Syukur Sakka mengatakan, pameran IIETE merupakan pameran pendidikan yang sudah digelar sejak 1991. Pada tahun ini, sebanyak 125 stan pameran dan lebih dari 200 informasi institusi pendidikan tinggi nasional dan internasional dihadirkan dalam pameran ini.

“Selain informasikan melalui booth yang ada, ada juga berbagai acara yang cukup menarik seperti presentasi beasiswa, panduan minat dan bakat, sehingga anak-anak bisa memilih perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri,” ujarnya.

Ketua Tim Kerja Sama, Humas, dan Sekretariat Ditjen Dikti Kemendikbudristek Yayat Hendayana mengatakan, kegiatan ini memberikan manfaat besar bagi calon mahasiswa untuk bisa mengetahui berbagai program di pendidikan tinggi.*

Share this: