Program LMDP iHiLead Tingkatkan Kapasitas SDM Unpad

Para wakil dekan di lingkungan Universitas Padjadjaran mengikuti kegiatan Leadership and Management Development Program (LMDP) fase 3 di Ruang Rapat Livin, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (19/2/2024).*

Laporan oleh Anggi Kusuma Putri

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran menggelar kegiatan Leadership and Management Development Program (LMDP) fase 3 di Ruang Rapat Livin, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (19/2/2024). Kegiatan bertema “Creating Impact” ini merupakan penutup dari rangkaian program yang sudah dimulai sejak Juni 2023 lalu.

Rangkaian kegiatan LMDP tersebut merupakan implementasi program pelatihan kepemimpinan perguruan tinggi yang dirancang oleh Erasmus+ Indonesian Higher Education Leadership (iHiLead) dan diikuti oleh para wakil dekan yang berasal dari 16 Fakultas dan satu Sekolah Pascasarjana di Unpad.

Pelatihan LMDP fase 1 dilaksanakan di Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan pada Juni 2023 lalu. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan Unpad Prof. Dr. Ida Nurlinda, S.H., M.H.

Pada kegiatan tersebut terdapat enam modul yang menjadi materi utama, yaitu Authentic Leadership, Managing People, Managing Resource, Managing Change and Risk, Conflict Management, dan Action Learning yang disampaikan oleh para pimpinan dan guru besar di Unpad.

Selanjutnya LMDP fase 2 diselenggarakan di Gedung Rektorat, Jatinangor pada Oktober 2023. Pada fase ini, peserta diminta menerapkan kepemimpinan dalam bentuk praktik proyek perubahan.

Dipandu oleh Fredrick Dermawan Purba, M.Psi., Ph.D., peserta juga berdiskusi terkait topik “Immunity to Change Methodology”, suatu pendekatan yang memungkinkan pemimpin untuk dapat beradaptasi dan menghindari keengganan berubah ke arah yang lebih baik.

Tidak hanya itu, peserta juga diminta untuk menerapkan proyek perubahan pada unit kerja masing-masing selama empat bulan. Proyek ini dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi di lingkungan fakultas dan setiap kelompok diberi kesempatan untuk melakukan mentoring bersama guru besar serta pimpinan yang terlibat di pelatihan fase 1.

Pada fase 3 pelatihan LMDP para peserta saling berbagi pengalaman dan gagasan mengenai proyek perubahan yang telah dijalankan. Selain itu, disampaikan juga materi “Creating Impact and Reflective Cycle” oleh Direktur Sumber Daya Manusia Unpad Aulia Iskandarsyah, M.Psi., M.Sc., Ph.D.

Para peserta terlihat antusias dan aktif berdiskusi di setiap fase pelatihan. Peserta berharap agar pelatihan ini betul-betul dapat menjadi wadah pada future leader untuk memperoleh wawasan kepemimpinan dan manajerial yang belum banyak dipelajari secara formal.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti optimistis program ini tidak hanya dapat mengembangkan kapasitas kepemimpinan para wakil dekan, tetapi memberikan dampak positif dalam mencapai visi misi Unpad. (rilis)*

Share this: