Mahasiswa Pascasarjana Unpad Lakukan Pengambilan KTM

Mahasiswa Pascasarjana Unpad mengambil Kartu Tanda Mahasiswa pada hari kedua Orientasi Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana Gelombang II Tahun Akademik 2023/2024 di Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Kamis (22/2/2024). (Foto: Muhammad Nuha Shanata)*

[Kanal Media Unpad] Sejumlah mahasiswa Pascasarjana Universitas Padjadjaran melakukan pengambilan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan atribut kemahasiswaan lainnya di hari kedua Orientasi Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana Gelombang II Tahun Akademik 2023/2024 di Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Kamis (22/2/2024).

Ditemui di sela kegiatan, Sekretaris Direktorat Pendidikan dan Internasionalisasi Irma Nuraini, S.Si., M.T mengatakan bahwa mahasiswa Pascasarjana yang melakukan pengambilan KTM ini merupakan mahasiswa yang sebelumnya  telah melakukan registrasi daring dan pembayaran UKT atau registrasi beasiswa.  Para mahasiswa tersebut berjumlah lebih dari 1.000 orang yang terdiri dari mahasiswa Profesi, Magister, Doktor, Spesialis, dan Subspesialis.

Dikatakan Irma, rangkaian kegiatan registrasi dan orientasi ini wajib diikuti oleh mahasiswa Pascasarjana tersebut. Mereka akan mulai mengikuti perkuliahan pada 26 Februari 2024 mendatang.

“Jadi yang tidak melalukan registrasi dan tidak melapor untuk penundaan kuliah maka dianggap mengundurkan diri tidak menjadi mahasiswa kita. Jadi kalau mau masuk Unpad lagi harus ikut SMUP lagi di semester depan,” kata Irma.

Ada pun persyaratan yang harus dibawa oleh mahasiswa adalah fotokopi KTP, formulir pembukaan rekening untuk bank yang terintegrasi dengan KTM, dan formulir kelengkapan mahasiswa baru. Untuk pencetakan KTM, Unpad telah bekerja sama dengan bank yang dapat dipilih oleh mahasiswa, yaitu BNI, BRI, Mandiri, dan BJB.

Bagi mahasiswa yang mengalami kendala teknis, panitia pun telah menyediakan tim helpdesk yang siap untuk melayani.

Selain KTM, mahasiswa juga mengambil kelengkapan seperti jas almamater, dasi, dan kaos angkatan. Para mahasiswa juga dapat mengakses informasi seputar fasilitas pendukung pendidikan berbasis online  seperti Learning Management System (LMS) LiVE Unpad, Paus ID, dan Luhung. Dalam acara ini juga disediakan informasi seputar layanan  perpustakaan dan pengembangan karier.

“Selain itu juga ada seminar-seminar di Bale Rumawat, ada empat tema seminar,” kata Irma.

Ada pun empat tema seminar tersebut adalah “Memaksimalkan Pendidikan Pascasarjana untuk Karir”, “Family Study Balance bagi Mahasiswa yang Berkeluarga”, “Diri Sehat, Studi Lancar”, dan “Mengelola Keuangan sebagai Mahasiswa Pascasarjana”.

Untuk mahasiswa baru Pascasarjana, Irma pun mengimbau untuk dapat mengakses kalender akademik di laman Unpad. Dalam waktu dekat, mahasiswa juga diharuskan mengisi KRS di masing-masing program studi.

Irma juga berpesan agara mahasiswa memastikan Paus ID sudah dinyatakan aktif dan siap mengikuti perkuliahan. Paus ID ini akan digunakan untuk berbagai fasilitas pendidikan, seperti mengisi KRS, cek nilai, pembayaran, dan mengakses LiVE Unpad.

“Setelah kegiatan ini pastikan Paus ID aktif, ikuti KRS di masing-masing Prodi, dan mulai perkuliahan di tanggal 26 Februari,” kata Irma. (arm)*

Share this: