Unpad Runner, Komunitas Penggiat Olahraga Lari di Kampus Unpad

Anggota komunitas Unpad Runner.*

Laporan oleh Anggi Kusuma Putri

[Kanal Media Unpad] Berawal dari keinginan merangkul orang yang punya minat sama dalam olahraga lari di lingkungan kampus Universitas Padjadjaran di Jatinangor, Unpad Runner hadir menjadi komunitas yang bergerak di bidang olahraga lari. Sejak 2014, komunitas ini menjadi wadah bagi sejumlah warga Unpad, terutama mahasiswa, yang menyukai olahraga tersebut.

“Tentu namanya Unpad Runner kita berlari. Cuma tidak hanya berlari saja, kita punya pelatih yang kemudian bisa mengajarkan bagaimana caranya berlari dengan benar,” ujar Akmal selaku Kapten Unpad Runner ketika diwawancarai oleh tim Kanal Media Unpad, Kamis (4/1/2024).

Tidak hanya itu, Akmal menyampaikan bahwa Unpad Runner juga memberdayakan sejumlah program latihan untuk para anggota yang ingin mencapai target berlari lebih jauh dan lebih baik dari sebelumnya.

Akmal menjelaskan bahwa komunitas dengan slogan “Never Run Alone” ini terbagi menjadi dua grup utama, yaitu Unpad Runner yang anggotanya adalah mahasiswa aktif dan ada pula yang anggotanya merupakan Ikatan Alumni (Ika) Unpad.

“Jadi mereka-mereka yang sudah lulus, tahun berapa pun, tetapi punya minat dan fokus yang sama di dunia lari, kita coba rangkul kembali,” kata mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Unpad ini.

Unpad Runner memiliki kegiatan latihan rutin setiap hari Rabu dan Jumat di Stadion Jati Padjadjaran, kampus Unpad Jatinangor pada pukul 4 sore. Jenis latihan yang dilakukan berbeda-beda setiap minggunya.

Selain itu, mereka juga memiliki kegiatan-kegiatan lain yang dilaksakan di luar Jatinangor. Salah satunya lari silaturahmi dengan komunitas lain di Jakarta.

“Jadi sebenarnya acaranya masih dalam konteks lari, hanya tempatnya tidak di Jatinangor. Kemudian kegiatan lain dari Unpad Runner sendiri biasanya anak-anak kampus dari himpunan atau fakultas ingin membuat acara Fun Run, kemarin beberapa kali kita bantu,” jelas Akmal.

Dalam kesempatan ini, Akmal juga menyampaikan harapannya agar di tahun 2024 Unpad Runner bisa melaksanakan kegiatan olahraga bidang atletik di dalam lingkungan kampus Unpad.

“Harapannya tujuan kita di tahun 2024 ini kita punya kegiatan atletik di dalam kampus Unpad,” jelasnya. (art)*

Share this: