Relawan mahasiswa Program Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran melakukan "art therapy" kepada anak-anak penyintas gempa Cianjur.*

[Kanal Media Unpad]  Universitas Padjadjaran membuka program “Donasi Unpad Peduli Sumedang”. Program ini membuka kesempatan bagi warga Unpad, alumni, maupun masyarakat umum untuk menyumbangkan donasi  atas bencana gempa bumi yang terjadi di Sumedang pada Minggu (31/12/2023) dan Senin (1/1/2024).

“Kita ingin cepat tanggap untuk peduli terhadap bencana gempa bumi Sumedang, karena Unpad juga bagian dari Sumedang,” kata Ketua Pusat Riset Kebencanaan Unpad Dr. Yoga Andriana Sendjaja.

Yoga menjelaskan, program donasi yang dibuka tidak hanya dalam bentuk uang. Pihaknya juga menerima donasi dalam bentuk non-uang berupa barang-barang yang diperlukan untuk proses pemulihan pascagempa bumi. Ditargetkan, donasi akan diserahkan ke pihak Pemerintah Kabupaten Sumedang dalam minggu ini.

Unpad juga siap menerjunkan relawan kebencanaan apabila diperlukan untuk proses pemulihan pasca gempa. Berdasarkan data Pusat Riset Kebencanaan Unpad, ada sejumlah lokasi terdampak akibat gempa bumi, yaitu Tanjungmedar, Kotakulon, Margamekar, Sukajaya, Citengah, dan Sumedang Utara.

Dosen Fakultas Teknik Geologi Unpad tersebut mengatakan, selain memberikan donasi uang dan barang, Unpad melalui Pusat Riset Kebencanaan juga akan melakukan sosialisasi mitigasi bencana gempa bumi, khususnya kepada masyarakat Sumedang.

“Sosialisasi dilakukan agar masyarakat tidak trauma dengan gempa bumi, tetapi justru harus bersiap-siap karena gempa itu bisa terjadi kapan saja,” kata Yoga.

Diakui Yoga, Sumedang sendiri merupakan wilayah yang jarang terjadi gempa bumi dengan eskalasi besar. Kendati demikian, edukasi mengenai mitigasi kebencanaan gempa bumi tetap harus dilakukan agar masyarakat makin siap tatkala menghadapi bencana gempa bumi yang bisa dating sewaktu-waktu.

“Mungkin bantuan kita tidak akan menutup seluruh jumlah kerugian, tapi setidaknya kita ingin memberikan literasi tentang apa dampak gempa bumi dan sebaiknya bagaimana mereka menyikapinya,” ujar Yoga.

Bagi warga Unpad yang ingin memberikan donasi berupa uang dapat mentransfer melalui nomor rekening (virtual account) 9881957113218149.*

Share this: