Sebanyak 283 Peserta Ikuti Duathlon Unpad 2024

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti melepas peserta kompetisi duathlon yang digelar di kampus Jatinangor, Sabtu (20/1/2024). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran menggelar kompetisi olahraga duathlon yang digelar di kampus Jatinangor, Sabtu (20/1/2024). Sebanyak 283 peserta yang terdiri dari sivitas akademika, tenaga kependidikan, dan alumni mengikuti kompetisi ini.

Ketua pelaksana kegiatan Prof. Dr.med. Setiawan, dr., mengatakan, kegiatan yang diinisiasi komunitas sepeda I-Go Unpad, komunitas lari Unpad Lumpat Badarat, Ika Unpad, Ikano Unpad, komunitas lari KedodoRun, dan UKM Palawa Unpad ini mengusung tema “More Active People for a Healthier World”.

“Kita gelar Duathlon ini di bulan Januari, karena kita memasuki tahun yang baru, resolusi 2024 yang perlu kita canangkan adalah kebiasaan hidup yang lebih baik lagi, salah satunya aktif bergerak,” kata Prof. Setiawan.

Duathlon terdiri dari dua jenis olahraga yang dipertandingkan, yaitu lari dan sepeda. Pada kompetisi kali ini, peserta menempuh lari etape pertama sejauh 2,5 kilometer, kemudian dilanjutkan dengan bersepeda dengan jarak 5 kilometer, dan kembali melakukan lari etape kedua dengan jarak 2,5 kilometer. Seluruh lokasi duathlon dilakukan di kampus Unpad dan kawasan embung Leuwi Padjadjaran.

Prof. Setiawan melanjutkan, kompetisi duathlon ini dilakukan pertama kali di kampus Unpad. “Rasanya belum ada perguruan tinggi lain yang khusus menggelar duathlon. Maka Unpad tampil mudah-mudahan menjadi kampus pertama yang menyelenggarakan kegiatan ini,” ujarnya.

Komposisi peserta duathlon kali ini terdiri dari 60 persen laki-laki dan 40 persen perempuan. Kompetisi dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu kelompok di bawah usia 25 tahun, kelompok usia 25 – 45 tahun, dan kelompok di atas usia 45 tahun.

“Yang dinilai tentu seorang peserta harus mengikuti lomba secara utuh dari awal sampai akhir sendirian, dan penilaiannya didasarkan pada waktu yang tercepat,” terang Prof. Setiawan.

Kompetisi duathlon dilepas secara resmi oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti. Dalam sambutannya Rektor mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi contoh bahwa dengan aktivitas bergerak dan berolahraga, warga Unpad akan terus sehat.

“Hari ini juga hadir mulai guru besar, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, termasuk alumni. Ini contoh baik bahwa Unpad menjadi keluarga besar, Unpad yang sehat, kuat, dan tetap mendukung Unpad untuk lebih maju lagi, masuk ke top 500 dunia,” kata Rektor.

Adapun pemenang dari Duathlon Unpad 2024 adalah sebagai berikut:

Kategori Usia di Atas 45 tahun

Laki-laki:

  1. Juara I Aan Gunawan (38 menit 22 detik)
  2. Juara II Gunawan (47 menit 22 detik)
  3. Juara III Yusep Suparman (49 menit 22 detik)

Perempuan:

  1. Juara I R. Maula Rifada (1 jam 9 menit)
  2. Juara II Lela Nurlaela (1 jam 10 menit)
  3. Juara III Hikmawati (1 jam 11 menit)

Kategori Usia 25 – 45 tahun

Laki-laki:

  1. Juara I Al-Ridla (39 menit 1 detik)
  2. Juara II M. Wahyudin (39 menit 20 detik)
  3. Juara III Agung P. (40 menit 27 detik)

Perempuan:

  1. Juara I Shri (49 menit 22 detik)
  2. Juara II Siti Zahra (50 menit 9 detik)
  3. Juara III Kemala (55 menit 9 detik)

Kategori Usia di Bawah 25 tahun

Laki-laki

  1. Juara I Zharfan Qanish (44 menit 3 detik)
  2. Juara II Andreas (49 menit 1 detik)
  3. Juara III Mahmud Ihsan Fuady (1 jam 2 detik)

Perempuan

  1. Juara I Fazlyn (1 jam 7 menit)
  2. Juara II Testarosa (1jam 10 menit)
  3. Juara III Fany S. (1 jam 30 menit).*
Share this: