Luncurkan Platform Unpad EdEx, Unpad Sasar Target Pengguna Profesional

Peluncuran platform pembelajaran "Unpad EdEx" di Hutan Kota by Plataran, komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (24/1/2024). Dalam kesempatan tersebut, InJourney menjadi klien pertama dari platform "Unpad EdEx".*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran kembali meluncurkan platform pembelajaran bernama “Unpad EdEx” yang didesain untuk para profesional. Platform yang dikelola anak perusahaan Unpad PT. Lentera Semesta Unpad ini merupakan platform pembelajaran yang langsung dapat dikonversi menjadi credit earning di Program Pascasarjana Unpad.

Peluncuran platform Unpad EdEx dilakukan dalam acara yang digelar di Hutan Kota by Plataran, komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (24/1/2024). Dalam acara tersebut, dilakukan juga penandatanganan kerja sama antara Unpad dan PT. Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, BUMN Holding Industri Aviasi dan Pariwisata di Indonesia yang menjadi klien perdana Unpad EdEx.

Direktur Badan Pengelola Usaha, Komersialisasi, dan Investasi Unpad Prof. Diana Sari, PhD, menjelaskan, Unpad EdEx didirikan sebagai respons dari dinamika industri yang senantiasa berkembang dinamis di hampir semua sektor, sehingga para tenaga profesional di tingkat lokal, multinasional, hingga lembaga pemerintah memerlukan upskilling (peningkatan keterampilan pekerja) dan reskilling (pemberdayaan pekerja dengan keterampilan baru) untuk meningkatkan kapabilitasnya.

“Materi-materi yang tersedia di Unpad EdEx tidak hanya bersifat teoretis, tapi juga ada di level praktis dan bisa langsung diaplikasikan sesuai dengan learning outcome yang diharapkan para klien,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya kepada Kanal Media Unpad.

Unpad EdEx menyediakan program pembelajaran daring dan luring untuk semua level SDM, mulai dari entry level hingga ke level direktur dan komisaris. Sebagai platform pembelajaran, semua materi pelatihan telah berstandar sertifikasi Sarjana & Pascasarjana dari Unpad.

Melalui standardisasi tersebut, peserta Unpad EdEx pun bisa mendapatkan kredit SKS yang nantinya bisa digunakan untuk melanjutkan pendidikan bergelar resmi di Unpad. Selain itu, untuk memberikan upskilling yang tepat guna dengan kebutuhan industri, Unpad EdEx menggunakan pendekatan solutif dan tim pengajarnya pun terdiri dari para praktisi yang telah berpengalaman di bidang masing-masing.

Materi dalam Unpad EdEx mencakup berbagai topik bisnis yang relevan dengan kemajuan industri di era modern. Beberapa di antaranya Supply Chain Management, Finance for Executive, Project Management, Ilmu Pemerintahan, Human Capital Management, hingga Sustainability and Ecotourism Management.

“Harapannya di tahun 2028, program ini bisa menjangkau 100 ribu tenaga kerja profesional untuk menambah skill dan kapabilitas mereka,” kata Prof. Diana.

Unpad EdEx diinisiasi oleh para eksekutif dan praktisi teknologi dengan lebih dari sepuluh tahun pengalaman. Beberapa di antaranya CEO Unpad EdEx – Mario Nicolas yang pernah menjabat sebagai CEO di Kuncie, startup edutech milik Telkomsel dan CPO (Chief Product Officer) di Whitecoat, perusahaan telemedis di Singapura.

Selain itu, ada pula Principal Mentor & Advisor Unpad EdEx – Priyantono Rudito, PhD yang sebelumnya merupakan mantan Direktur HCM Telkom & Telkomsel, dan akademisi aktif sebagai dosen di beberapa universitas ternama.

“Kami melihat bahwa di era post-Covid, ada kebutuhan dari berbagai perusahaan untuk meningkatkan kapasitas & kemampuan bagi para karyawan. Unpad EdEx berupaya menjawab kebutuhan ini dengan menjadi jembatan penghubung antara pendidikan berkualitas tinggi dari Unpad dengan kebutuhan yang ada di lapangan. Inisiatif ini kami luncurkan sejalan dengan cita-cita Unpad untuk bisa menjadi world-class university sekaligus menelurkan bibit SDM berkualitas untuk kemajuan ekonomi Indonesia kedepannya,” ungkap Mario.

Dalam peluncuran ini, Unpad EdEx juga mengumumkan kerja sama dengan pemain edtech MOOC global terbesar saat ini yakni Udemy. Melalui kerja sama ini, Unpad EdEx menjadi partner platform terintegrasi dengan layanan Udemy Business yang juga menyasar segmen korporasi.

Unpad juga menjadi partner integrasi pertama Udemy di Indonesia yang datang dari Universitas. Semua konten pembelajaran Udemy nantinya akan bisa diakses oleh seluruh pembelajar di Unpad EdEx.

Kerja Sama dengan InJourney

InJourney merupakan klien perdana dari platform Unpad EdEx. Kemitraan dengan Unpad EdEx dapat membuka peluang untuk peningkatan kompetensi dan karier yang lebih luas bagi para karyawan di InJourney Group.

Direktur SDM & Digital InJourney Herdy Harman mengatakan, seiring berjalannya waktu, tren industry aviasi dan pariwisata di Indonesia terus berubah. Karena itu, pihaknya perlu membekali para karyawan InJourney Group dengan keterampilan (skill) dan kapabilitas yang relevan dengan perkembangan zaman.

“Harapannya agar mereka bisa terus meningkatkan layanan dan melakukan inovasi bisnis yang sejalan dengan program Unpad EdEx dalam menawarkan fleksibilitas, pendidikan berkualitas, serta kurikulum dan case study yang sesuai dengan target dan tantangan yang dihadapi InJourney,” kata Herdy. (rilis)*

Share this: