Ketua Ikatan Alumni Unpad yang juga Sekretaris Jenderal Himpuni Irawati Hermawan menanam bibit pohon di kawasan embung Leuwi Padjadjaran kampus Unpad, Jatinangor, Minggu (14/1/2024). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran bersama Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (Himpuni) melakukan penanaman pohon di kawasan embung Leuwi Padjadjaran kampus Unpad, Jatinangor, Minggu (14/1/2024).

Sekretaris Jenderal Himpuni Irawati Hermawan mengatakan, sebanyak 51 bibit pohon jenis buah-buahan ditanam di kawasan tersebut. Jumlah tersebut merupakan representasi dari 51 anggota Himpuni yang merupakan organisasi alumni dari PTN se-Indonesia.

“Unpad sudah sering melakukan penanaman pohon dalam rangka mendukung program (keberlanjutan) lingkungan,” kata Irawati yang juga ketua Ikatan Alumni Unpad tersebut.

Aksi penanaman pohon sendiri merupakan salah satu bagian dari agenda Rapat Tahunan Himpuni yang digelar di Kota Bandung, 12 – 13 Januari 2024. Sebagai tuan rumah pelaksanaan Rapat Tahunan, Ika Unpad berkesempatan mengenalkan kampus Unpad di Jatinangor kepada anggota Himpuni melalui aksi penanaman pohon tersebut.

Ia menilai, alumni PTN melalui Himpuni siap mendukung penguatan almamaternya masing-masing. Ika Unpad sendiri aktif berkolaborasi dengan universitas dalam menyukseskan dan mendukung penguatan Unpad maupun Ika Unpad.

“Mudah-mudahan dengan bergabungnya pengurus ikatan alumni lainnya bisa menjadi motor penggerak kerja sama antar perguruan tinggi di Indonesia,” tambahnya.

Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad Dr. Eng. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam mengapresiasi aksi sosial berupa penanaman pohon yang dilakukan Himpuni di kampus Unpad. Menurutnya, kegiatan ini menjadi suatu kebanggan bagi Unpad.

“Ini adalah momen baik untuk merekatkan silaturahmi dan mengembangkan kekeluargaan di antara para alumni,” kata Boy.

Boy mengatakan, kawasan embung Leuwi Padjadjaran dibangun untuk menyangga sekaligus menjaga pasokan air bagi masyarakat di bawahnya. Saat musim hujan, embung ini berperan untuk menahan debit air yang bisa menyebabkan banjir di wilayah selatan. Sementara pada musim kemarau, embung ini berperan dalam menjaga ketersediaan air untuk konsumsi masyarakat.

Karena itu, penanaman pohon di kawasan embung ini berperan penting dalam menjaga kelestarian lingkungan di sekitar embung. “Mudah-mudahan niat baik ini menjadi amal jariyah bagi Bapak/Ibu Himpuni,” pungkasnya.*

Share this: