Tingkatkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa, Unpad Gelar Program “Unpadpreneur”

Suasana dalam Kick Off Kegiatan Unpadpreneur yang dilaksanakan di Aula Suharyati Fakultas Keperawatan Unpad, Jatinangor, Kamis (28/12/2023).*

[Kanal Media Unpad] Untuk menggali potensi dan meningkatkan jiwa kewirausahaan mahasiswa, Universitas Padjadjaran menyelenggarakan program Unpadpreneur. Kegiatan yang akan diselenggarakan awal Januari 2024 ini terbuka untuk diikuti oleh mahasiswa berbagai fakultas.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan atau menggali minat dan potensi para mahasiswa Universitas Padjadjaran di bidang kewirausahaan,” kata Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Dr. Eng. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam, S.T., M.T dalam Kick Off Kegiatan Unpadpreneur yang dilaksanakan di Aula Suharyati Fakultas Keperawatan Unpad, Jatinangor, Kamis (28/12/2023).

Lebih lanjut Boy mengatakan, kegiatan ini akan memberikan ilmu mengenai dasar-dasar pengetahuan mengenai kewirausahaan yang dapat bermanfaat bagi mahasiswa. Bagi Unpad, kegiatan ini juga sebagai pengaderan mahasiswa untuk kompetisi kewirausahaan tingkat nasional.

Pendaftaran bagi mahasiswa akan dibuka pada 2-31 Januari 2024. Pada tanggal tersebut, peserta juga dapat mengakses online course mengenai kewirausahaan melalui Unpad Luhung.

Selanjutnya, pada 16-18 Februari 2023, peserta akan mengikuti bootcamp secara outbound untuk membentuk tim kewirausahaan dan menentukan nominasi penerima hibah kewirausahaan. Pada Maret-Juli 2024, mahasiswa penerima hibah akan menjalankan bisnisnya dengan pendampingan fasilitator Unpad.

“Berdasarkan proses monitoring dan evaluasi, tim yang mendapatkan dana hibah akan dipilih untuk dilanjutkan proses inkubasi bisnis oleh Pusat Inkubator Bisnis Oorange,” lanjut Boy.

Diharapkan Boy, kegiatan ini akan dimanfaatkan secara optimal bagi mahasiswa. Kegiatan ini diharapkan juga dapat mengisi masa liburan mahasiswa melalui kegiatan yang bermanfaat.

Program ini resmi diluncurkan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Arief S. Kartasasmita. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa kegiatan ini penting untuk meningkatkan kualitas mahasiswa atau lulusan Unpad nantinya.

“Sehingga nanti mereka lulus ini menjadi seorang entrepreneur yang menurut saya tentu saja tidak hanya berbicara mengenai masalah bisnis, tetapi entrepreneur dari sisi yang luas, bagaimana mahasiswa kita dapat mengambil peran dalam kreativitas, pengambilan keputusan, keluar dari zona nyaman, lalu menjadi leader di bidangnya,” kata Prof. Arief.

Menurut Prof. Arief, lulus kuliah dengan nilai akademik yang bagus saja tidak cukup. Lulusan perlu menjadi kontributor bagi perkembangan masyarakat. Lulusan harus siap kerja dan memiliki manfaat bagi masyarakat.

Senada dengan Prof. Arief, Ketua Tim Pengelola Unpadpreneur Cecep Safaatul Barkah, S.Sos., M.AB., MBA, mengatakan bahwa konsep entrepreneur yang diusung bukan hanya melahirkan seorang pengusaha atau pebisnis, tetapi seseorang yang mempunyai karakter entrepreneur seperti memahami peluang, memanfaatkan peluang, dan menciptakan gagasan inovatif.

“Mediumnya adalah belajar dengan membuat usaha,” kata Cecep.

Dijelaskan Cecep, mahasiswa yang berminat menjadi peserta dapat mendaftar di https://bit.ly/Unpadpreneur-2024 dengan mengisi sejumlah data, seperti data diri, potensi diri, ide inovatif terhadap lingkungan sekitar, deskripsi teman yang cocok diajak kolaborasi, serta foto diri.

Pada acara Kick Off Unpadpreneur ini juga dilakukan penyerahan SK penerima hibah Unpadpreneur Batch I kepada 14 mahasiswa Unpad. Penerima hibah ini berdasarkan seleksi kepada kelompok mahasiswa yang telah mengikuti program kewirausahaan tahun 2023 tingkat nasional, seperti Wirausaha Merdeka Kampus Merdeka (WMK), Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW), dan Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKMK). (arm)*

Share this: