Tim PPM Fkep Unpad Gelar Promosi Kesehatan di Pantai Pangandaran

Tim PPM Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran di Pantai Pangandaran.*

[Kanal Media Unpad] Tim PPM Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran melakukan promosi kesehatan di kawasan Pantai Pangandaran pada Minggu (10/12/2023). Kegiatan promosi kesehatan yang dilakukan adalah cara pencegahan dan penanganan jika terdapat korban tenggelam.

Program ini merupakan tindak lanjut dari PPM Fkep Unpad dan implementasi outcome based education pada mata kuliah promosi kesehatan dalam konteks keperawatan pariwisata.

Tim PPM dengan topik “Optimalisasi Keselamatan Wisatawan dan Pengelola Wisata di Pantai Kabupaten Pangandaran Berbasis Sistem informasi geografis Terkait Keperawatan Pariwisata” tersebut diketuai dosen Keperawatan PSDKU Unpad Pangandaran Donny Nurhamsyah, S.Kep., Ners., M.Kep.

Selain mengintegrasikan dengan kegiatan KKN periode Juli-Agustus, program PPM ini juga mengintegrasikan kepada implementasi project based learning mata kuliah kekhasan di Program Studi S-1 Keperawatan PSDKU Pangandaran. Integrasi memberikan kebermanfaatan yang berkelanjutan kepada daerah sasaran program pengabdian pada masyarakat.

Mahasiswa yang terlibat dalam pogram ini adalah Yusuf Darmansyah, Farah Najwa, Dhea Rizky Padila, Sifa Nursalamah, Azhara Setiyawan, Fina Silvia Alfionita, Chelsy Apriyanti Awaliyah menyusun program promosi kesehatan yang langsung memberikan kepada wisatawan yang sedang beraktivitas di Pantai Pangandaran. 

Tim mahasiswa juga melakukan observasi sebagai bahan persiapan dalam menyusun proposal Program Kreativitas Mahasiswa untuk diajukan ke ajang Pimnas tahun berikutnya. Antusias wisatawan sangat besar pada saat promosi kesehatan diberikan dengan ditunjukkan komunikasi yang interaktif pada saat pemaparan diberikan. 

“Harapannya kegiatan yang berkelanjutan dan terintegrasi ini dapat memberikan pengalaman yang lebih kepada mahasiswa dan wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pangandaran. Selain itu pengimplementasian outcome based education menjadi lebih memiliki implikasi yang besar serta dapat mensosialisasikan sistem informasi geografis terkait keperawatan pariwisata dengan url: http://sigkebencanaan.my.id/depan/ ,” kata Donny. (rilis)*

Share this: