Rektor Unpad: Pimnas Jadi Ajang Penyebaran Inspirasi dan Persahabatan

Kepala Pusat Prestasi Nasional Maria Veronica Irene Herdijono menyerahkan penghargaan kepada Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti sebagai tuan rumah Pimnas ke-36 dalam acara Penutupan Pimnas 36 yang digelar di Lapangan Pusat Pelayanan Basic Science Kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor, pada Kamis (30/11/2023) malam.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana, Salsabila Diah Diometa, dan Anggi Kusuma Putri

[Kanal Media Unpad] Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-36 telah resmi ditutup. Penutupan kegiatan Pimnas 36 yang sekaligus menjadi momentum pengumuman pemenang tersebut diselenggarakan di Lapangan Pusat Pelayanan Basic Science Kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor, pada Kamis (30/11/2023) malam.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan bahwa Pimnas menjadi ajang penyebaran inspirasi, pengetahuan, persahabatan, dan perjuangan mempertahankan karya ilmiah.

“Kehebatan mahasiswa berprestasi nasional tetap kami dambakan terus berlangsung sampai mendukung Indonesia yang kita cintai semakin maju dan semakin berdaya saing,” kata Rektor.

Rektor mengatakan, Pimnas tahun ini diikuti oleh 106 perguruan tinggi diikuti 525 kelompok, 2.411 peserta, 525 dosen pendamping, 77 juri, juga sejumlah official perguruan tinggi.

Terdapat sembilan skema yang telah dilakukan pada pertandingan tahun ini. Skema tersebut, yakni PKM Riset Eksakta, PKM Sosial Humaniora, PKM Kewirausahaan, PKM Pengabdian kepada Masyarakat, PKM Penerapan Iptek, PKM Karsa Cipta, PKM Karya Inovatif, PKM Video Gagasan Konstruktif, dan PKM Gagasan Futuristik Tertulis.

Selain Lomba Poster dan Presentasi kelas Pimnas, juga diselenggarakan kuliah umum, Indonesia Talent Summit, Lomba Non-Pimnas, dan Pameran Teknologi Inovasi.

“Terima kasih sekali lagi kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi  yang telah memberikan kesempatan Unpad sebagai tuan rumah,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. juga mengungkapkan rasa bahagianya melihat antusiasme perguruan tinggi dalam meraih prestasi melalui Pimnas 36.

“Saya senang sekali bahwa Pimnas ke-36 tahun 2023 ini terselenggara dengan baik dan melibatkan 2.411 mahasiswa dari 106 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Jumlah peserta yang membanggakan ini menunjukkan semangat luar biasa sivitas akademika perguruan tinggi di Indonesia,” kata Nadiem.

Nadiem mengatakan, pelaksanaan Pimnas ke-36 ini bertepatan dengan empat tahun perjalanan Kemendikbudristek mengakselerasi pendidikan tinggi melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Tidak hanya mahasiswa saja yang bersemangat untuk berprestasi, tetapi dosen dan pimpinan perguruan tinggi juga memiliki motivasi yang besar untuk menggiatkan keterlibatan mahasiswa dalam pengembangan dunia riset di Indonesia.

“Semangat ini lah yang membawa dunia pendidikan, khususnya jenjang pendidikan tinggi melompat ke arah kemajuan,” ujar Nadiem.

Lebih lanjut, Anggota Komisi X DPR RI Desy Ratnasari juga mengungkapkan rasa bangga terhadap mahasiswa yang menjadi peserta Pimnas 36. Desy mengatakan bahwa melalui kegiatan ini akan muncul para talenta inventor, peneliti, dan inovator yang membanggakan dan mengamalkan ilmunya bagi Indonesia.

“Semoga anak-anakku semuanya tidak berhenti sampai di sini saja untuk terus melakukan riset dan inovasinya, tetapi anak-anakku juga harus terus untuk optimis,” harapnya. (arm)*

Share this: