Rektor Resmikan Gedung Vokasi di Kampus Jatinangor

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti meresmikan Gedung Vokasi di Kampus Jatinangor, Jumat (22/12/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti meresmikan Gedung Vokasi di kampus Unpad, Jatinangor, Jumat (22/12/2023). Gedung ini hadir untuk penguatan Program Pendidikan Vokasi di Unpad.

“Penguatan pendidikan vokasi itu menjadi keniscayaan yang harus dilakukan,” kata Rektor dalam sambutannya.

Gedung ini dibangun untuk menambah wahana pendidikan dan praktik mahasiswa Program Vokasi. Selanjutnya, pembangunan tahap dua akan dilanjutkan untuk menambah laboratorium bagi mahasiswa.

Dikatakan Rektor, transformasi pendidikan vokasi dilakukan melalui kolaborasi. Fasilitas baru ini pun diharapkan dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa Unpad secara umum, bukan hanya bagi mahasiswa pendidikan vokasi.

“Jadi Unpad mengembangkan seluruh wahana pendidikan dan praktik laboratorium itu seyogianya bisa digunakan bersama,” harap Rektor.

Sementara itu, Direktur Program Pendidikan Vokasi Unpad Dina Sartika, S.E., M.Si., PhD. mengatakan, gedung ini memiliki tiga lantai. Lantai 1 terdiri dari ruang untuk dosen, ruang kemahasiswaan, dan ruang kolaborasi bersama mitra industri, lantai 2 terdiri dari ruang para pimpinan atau pengelola, dan lantai 3 terdiri dari ruang kelas.

“Pengembangan Gedung Vokasi ini menjadi bagian dari transformasi pendidikan vokasi di Unpad,” kata Dina.

Dina mengungkapkan, selain penambahan fasilitas, transformasi pendidikan vokasi juga dilakukan melalui pengembangan kurikulum modular yang berbasis praktik lebih dominan daripada teori, penyediaan uji sertifikasi kompetensi bagi semua prodi, pengembangan dosen, serta penguatan kerja sama dengan mitra. Ia pun berharap, hadirnya Gedung Vokasi akan menambah semangat bagi Program Pendidikan Vokasi untuk lebih produktif dan kolaboratif. (arm)*

Share this: