Mahasiswa Unpad Ajak Pelajar SD Bijak Kelola Sampah

Suasana kegiatan edukasi GPS: Gerakan Pengelolaan Sampah” di SDN 03 Cintakarya, Desa Cintakarya, Pangandaran, Sabtu (11/11/2023).

[Kanal Media Unpad] Dalam upaya meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, mahasiswa OKK PSDKU Universitas Padjadjaran memberikan edukasi mengenai pentingnya pengelolaan sampah.

Edukasi dan sosialisasi bertajuk “GPS: Gerakan Pengelolaan Sampah” dilakukan kepada pelajar SD di SDN 03 Cintakarya, Desa Cintakarya, Pangandaran, mulai Sabtu (11/11/2023). Kegiatan yang dilakukan selama November-Desember ini dilakukan oleh 11 mahasiswa PSDKU dengan dosen pembimbing Aulia Andhikawati, M.Si., dam mentor Ahmad Qohar Habibie.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad, kegiatan dimulai dengan sosialisasi oleh mahasiswa OKK tentang pengelolaan sampah, mengajak pelajar memilah sampah ke dalam tiga kategori, hingga praktik membuat kerajinan pot bunga dari botol bekas.

Mahasiswa OKK juga memberikan hibah benda berupa tiga tempat sampah dari ember bekas dan pot bunga hasil praktik kerajinan yang telah dibuat bersama para pelajar.

Aksi disambut dengan antusias oleh pelajar kelas 5. Terbukti dengan banyaknya para siswa menjawab pertanyaan yang dilontarkan dan dengan semangat mengikuti praktik membuat kerajinan pot bunga dari botol bekas.

“Melalui kegiatan aksi sosial ini, diharapkan para pelajar SD Negeri 03 Cintakarya mendapatkan pengetahuan serta keterampilan tentang pengelolaan sampah yang benar. Tidak hanya itu, acara ini diharapkan dapat menumbuhkan perilaku para siswa untuk terus melakukan pengelola sampah yang benar dalam jangka panjang,” kata Aulia. (rilis)*

Share this: