Mahasiswa FPIK Unpad Jadi Finalis Putra-Putri Maritim Indonesia 2023

Chairil Amin Saputra.*

Laporan oleh Fajar Amali Kurniawan

[Kanal Media Unpad] Chairil Amin Saputra, mahasiswa Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran ikuti seleksi Putra-Putri Maritim Indonesia Tahun 2023.

Pemilihan Putra-Putri Maritim Indonesia Tahun 2023 dilaksanakan mulai  26 November sampai dengan Grand Final pada 5 Desember 2023. Kegiatan ini diikuti 65 peserta perwakilan terbaik dari setiap wilayah di seluruh Indonesia.

Putra-Putri Maritim Indonesia Tahun 2023 diselenggarakan oleh TNI Angkatan Laut (TNI AL) yang bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Dewan Kelautan Indonesia. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Komandan Batalyon (Danyon) Infanteri 2 Marinir Letnan Kolonel Marinir Dadang Widyanto, M.Tr.Opsla. di Batalyon Infanteri 2 Pasopati, Bhumi Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu, 26 November 2023.

Dalam kegiatan bertema “Peran Pemuda dalam Kemajuan Teknologi dan Kelestarian Lingkungan Maritim” ini, peserta diberikan pembekalan dasar-dasar kemiliteran dan pengetahuan tentang kemaritiman, kepariwisataan, ilmu komunikasi dan informasi, public speaking, table manner, beauty class, tata kelola lingkungan hidup, serta ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

Selama proses karantina hingga Grand Final Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia Tahun 2023, Chairil merasakan kekompakan, semangat, dan kegigihan dari para peserta. Setiap tantangan dan pembekalan selama 10 hari menjadi lanskap pertumbuhan pribadi dan kemandirian yang tidak terlupakan.

Bagi Chairil, pengalaman ini bukan sekadar kompetisi. Ia juga merasa kegiatan ini adalah peluang untuk menjalin persahabatan, memperkaya pengetahuan, dan membentuk jiwa kepemimpinan.

“Sebagai Putra-Putri Maritim Indonesia Tahun 2023 mari kita terus menjaga semangat ini untuk memberikan kontribusi positif bagi negeri tercinta khususnya pada bidang Maritim,” ujar Chairil dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad.

Pada ajang tersebut, Chairil menggagas aplikasi untuk mempermudah perencanaan perjalanan bagi masyarakat sekaligus membuka pintu petualangan eksklusif di destinasi wisata maritim Jakarta. Aplikasi tersebut bernama “SeaJak”.

Konsep SeaJak adalah menyiapkan keberangkatan yang terorganisir. Aplikasi ini memiliki pilihan penginapan berkualitas, dari hotel mewah hingga penginapan tradisional. Aktivitas pun dirancang khusus memberikan momen berharga sepanjang perjalanan. serta menyediakan paket personalisasi untuk pengalaman sesuai keinginan. Dengan dukungan tim layanan pelanggan 24/7, keamanan dan kenyamanan menjadi prioritas utama SeaJak. (rilis)*

Share this: