Suasana pameran objek biologi bertajuk “The Art and Beauty of Universitas Padjadjaran Polinator” (Arbor) di Teater Pengetahuan, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Kamis (21/12/2023).*

Laporan oleh Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara

[Kanal Media Unpad] Mahasiswa Program Studi Biologi angkatan 2021 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Padjadjaran menggelar pameran objek biologi bertajuk “The Art and Beauty of Universitas Padjadjaran Polinator” (Arbor) di Teater Pengetahuan, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Kamis (21/12/2023) hingga Jumat (22/12/2023).

Mengusung tema “Polinator”, acara yang dihadiri oleh mahasiswa Unpad ini digelar untuk memenuhi tugas ujian akhir semester (UAS) mata kuliah Digitalisasi Objek Biologi yang diambil mahasiswa Biologi angkatan 2021 dengan peminatan Biosains.

Dalam sambutannya, Dr. Budi Irawan, S.Si., M.Si., selaku dosen pengampu mata kuliah Digitalisasi Objek Biologi mengatakan, ini merupakan kali pertama mahasiswa Biologi melakukan proyek UAS berbentuk pameran yang digelar secara luring.

“Mata kuliah ini memang baru di kurikulum 2020 dan wajib diambil oleh mahasiswa yang peminatannya Biosains. Jadi, ini yang kedua. Kalau kemarin, kita pamerannya bentuk virtual dan tahun ini alhamdulillah bisa luring,” ujar Budi.

Ditemui di sela acara, Fransiska Klarisa selaku Project Officer acara tersebut mengatakan selain untuk memenuhi tugas UAS, pameran ini juga bertujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa Unpad tentang keberadaan polinator. “(Acara ini digelar) untuk menyadari bahwa polinator di sekitar kita itu banyak,” jelas Fransiska.

Polinator sendiri merupakan jenis serangga yang bisa membantu proses penyerbukan (polinasi) pada bunga. Ada pun serangga-serangga yang termasuk polinator di antaranya adalah kupu-kupu, lebah, kumbang, lalat, dan burung.

Fransiska berharap acara ini bisa meningkatkan kesadaran mahasiswa Unpad dan masyarakat umum akan keberadaan polinator yang amat penting bagi kehidupan manusia. Sebab, tanpa mereka, manusia tidak akan bisa merasakan manfaat dari tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitarnya.

“Kita harus lebih tau tentang pentingnya polinator untuk kita. Walaupun, kita enggak sadar bahwa polinator tuh bisa aja terbang di mana-mana dan mereka itu menghidupi kita. Jadi, orang-orang harus lebih sadar untuk menjaga alam,” tutup Fransiska.

Acara dibuka dengan talkshow bertajuk “Capturing Biological Objects Digitally” yang dibawakan oleh dua pembicara. Kedua pembicara tersebut, yakni pegiat fotografi dari Spectrum Unpad Fajar Ilham Muslimin dan Ornitofotografer Mutiara Salsabila Irawan.

Selain itu, acara juga diisi dengan kegiatan pameran karya foto dan video mengenai polinator yang ada di sekitar kampus Unpad. Pameran tersebut dapat dihadiri oleh mahasiswa Unpad dan masyarakat secara umum. (art)*  

Share this: