Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran Prof. Arief S. Kartasasmita menyampaikan sambutan dalam r Parade Penutupan Tahap Persiapan Bersama (TPB) di Gedung Bale Sawala Unpad, Jatinangor, Jumat (22/12/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

Laporan oleh Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran menggelar Parade Penutupan Tahap Persiapan Bersama (TPB) di Gedung Bale Sawala Unpad, Jatinangor, Jumat (22/12/2023). Acara ini sekaligus menjadi penanda berakhirnya masa TPB mahasiswa Unpad angkatan 2023.

Dalam sambutannya, Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Mohamad Fahmi, S.E., M.T., Ph.D. menjelaskan, Parade Penutupan TPB ini menjadi ajang pelepasan mahasiswa Unpad 2023 sebelum mereka beranjak ke semester 2 pada 2024 mendatang.

“Ini adalah fase di mana Anda akan dilepas ke semester 2. Fase di mana Anda akan berinteraksi dengan program studi lebih banyak dan berinteraksi dengan fakultas lebih banyak. Semester 5, 6, 7, mungkin interaksi dengan kampus lain di luar Unpad,” ujar Fahmi.

Lebih lanjut Fahmi menjelaskan, program TPB yang telah diselesaikan oleh mahasiswa Unpad 2023 merupakan salah satu implementasi dari nilai-nilai Unpad. Sebab, melalui program ini, mahasiswa bisa mewujudkan visi dan misi Unpad, yakni Bermanfaat dan Mendunia dengan terjun langsung ke masyarakat.

“Mudah-mudahan, nilai itu tertanam di TPB. Ini semacam simulasi kecil. Unpad akan menggiring Anda untuk menguasai ilmu, tapi ujung-ujungnya Anda harus bisa bermanfaat bagi masyarakat,” tambah Fahmi.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief Kartasasmita, dr. Sp.M(K). M.Kes., Ph.D., berharap TPB dapat menjadi bekal mahasiswa dalam berkiprah di masyarakat dan belajar sepanjang hayat.

 “Apabila yang kalian dapatkan di TPB ini menjadi sesuatu yang bisa diekskalasi, diperluas, dan dipertajam, maka saya pastikan, kalian akan menjadi orang yang sukses,” kata Prof. Arief.

Acara Parade Penutupan TPB ini dibarengi dengan pemberian penghargaan kepada tiga mahasiswa TPB Unpad yang menjadi Duta Talenta terbaik serta pemberian penghargaan kepada tiga kelompok OKK Unpad dengan proyek sosial terbaik.

Adapun daftarnya adalah sebagai berikut:

Tiga Mahasiswa Duta Talenta Terbaik

  1. Gunawan Sabili Rohman
  2. Luthfi Hamam Arsyada
  3. Muhammad Hisyam Az-Zahram

Tiga Kelompok OKK dengan Proyek Sosial Terbaik

  1. Kelompok OKK 077 dengan judul aksi sosial “Sandiwara: Serdadu Pengabdi Wilayah Jatinangor Raya” dengan dosen fasilitator Dr. Hadiyanto Abdul Rachim, S.Sos., M.I.Kom.
  2. Kelompok OKK 152 dengan judul aksi sosial “Penerapan Branding Style di SMK Yadika Tanjungsari Sumedang” dengan dosen fasilitator Dr. Santi Susanti, S.Sos., M.I.Kom.
  3. Kelompok OKK 044 dengan judul aksi sosial “Pelaksanaan Kerja Bakti Bersama Warga Desa Cikeruh RT.05” Dosen Fasilitator: Dr. Slamet Isman Usmanto, M.Si. (art)*
Share this: