BEM FPIK Unpad Tanam 1.000 Bibit Mangrove di Pantai Karang Tirta

BEM Kema FPIK Unpad menggelar penanaman bibit pohon mangrove di wilayah Tanjung Cemara Karang Tirta, Kabupaten Pangandaran, 18 November 2023.*

Laporan oleh Fajar Amali Kurniawan

[Kanal Media Unpad] Dalam upaya membantu pemulihan ekosistem pesisir melalui blue carbon coastal action, BEM Kema Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran menggelar aksi sosial bertajuk “Coastal Action” di wilayah Tanjung Cemara Karang Tirta, Kabupaten Pangandaran, 18 November 2023.

Coastal Action merupakan project penanaman bibit mangrove dan coastal clean up. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memulihkan kembali manfaat ekosistem mangrove serta upaya perlindungan wilayah pesisir di Kabupaten Pangandaran dari marine debris atau sampah yang ada di laut.

Aksi sosial ini melibatkan 170 mahasiswa FPIK Unpad, kelompok tani, pengelola Tanjung Cemara Karang Tirta, perwakilan kantor cabang Dinas Kehutanan Wilayah VII, serta pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Pangandaran.

Pada project Coastal Action ini, tim berhasil melakukan penanaman 1.000 bibit mangrove dengan jenis Rhizopora mucronata sebanyak 600 bibit dan Burguiera gymnorrhiza sebanyak 400 bibit. Kemudian pada kegiatan Coastal Clean Up tim berhasil mengumpulkan marinedebris anorganik sebanyak 428,49 Kg.

Fanny Azis Roihan Sj. yang merupakan Vice Project Officer kegiatan Think Green 8.0 mengatakan bahwa aksi sosial ini diharapkan menjadi kontribusi nyata mahasiswa Unpad.

“Harapannya, dengan adanya kegiatan Think Green 8.0 ini para peserta dapat merasakan akan pentingnya krisis iklim dan bagaimana cara proses penanggulangannya dengan membantu mengurangi emisi karbon dan marinedebris di Indonesia,” ujar Azis dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad.

Pesan utama yang ingin disampaikan dalam aksi sosial ini adalah bahwa upaya mengurangi permasalahan pesisir melalui Coastal Action yang dilakukan Think Green 8.0 merupakan contoh konkret yang bisa dilihat dan dirasakan manfaatnya di masa datang. (rilis)*

Share this: