Unpad dan Espin Australia Luncurkan Program Magang Virtual VICA

Universitas Padjadjaran bersama Espin Multimedia Australia meluncurkan program magang virtual VICA di di Bale Rucita Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Rabu (15/11/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran dan Espin Multimedia Australia meluncurkan program magang bertajuk “Virtual Internship and Career Australia” atau VICA. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan alumni Unpad untuk magang dan bekerja di perusahaan di Australia dengan memanfaatkan perangkat teknologi.

Program tersebut diluncurkan secara resmi dalam acara yang digelar di Bale Rucita Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Rabu (15/11/2023). Acara tersebut dihadiri Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Unpad Prof. Yanyan M. Yani, PhD, Direktur Badan Pengembangan Usaha Komersial dan Investasi Unpad Prof. Diana Sari, PhD, serta CEO Espin Multimedia Australia Siam Nugraha.

Dalam sambutannya Prof. Yanyan mengatakan, ada tiga subprogram yang digulirkan VICA. Pertama adalah virtual assistant, atau program untuk membantu dan mempersiapkan peserta untuk bekerja sebagai asisten virtual di sejumlah perusahaan di benua Australia.

Subprogram kedua adalah kursus untuk meningkatkan keterampilan calon peserta untuk siap bekerja di dunia kerja Australia. Terakhir adalah program ekspatriat, atau program untuk membantu dan mempersiapkan peserta untuk menjadi seorang ekspatriat di Australia.

Prof. Yanyan pun mengapresiasi kolaborasi tersebut. Menurutnya, program VICA sangat sejalan dengan misi Unpad untuk menjadi universitas unggul kelas dunia.”Program ini juga akan menunjukkan kemampuan kerja lulusan Unpad,” ujarnya.

Diharapkan, program ini dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan employer reputation Unpad di tingkat global. Selain itu, kompetensi serta karier mahasiswa dan alumni Unpad akan meningkat dan mampu bersaing di pasar global.

Sementara itu Siam menuturkan, program VICA ini sangat bermanfaat bagi peningkatan karier mahasiswa dan alumni. Program ini tidak hanya akan berkontribusi pada berbagai proyek yang dijalankan Espin, tetapi juga dapat menjadi lintasan bagi karier lulusan.

Lewat program magang virtual ini, peserta memiliki akses untuk merasakan atmosfer kerja di berbagai perusahaan Australia secara virtual. Program tersebut berjalan selama 6 – 12 minggu.

Dalam acara peluncuran tersebut, peserta diberikan pemaparan secara teknis mengenai program VICA oleh Siam Nugraha serta pemaparan mengenai dunia kerja Australia oleh CEO Trading Edge Australasia Juris Austrums.*

Share this: