Tim mahasiswa peserta Pekan Mahasiswa Ilmiah Nasional (Pimnas) ke-36 melakukan presentasi PKM di hadapan para juri di kampus Unpad, Jatinangor, Selasa (28/11/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

Laporan oleh Anggi Kusuma Putri

[Kanal Media Unpad]  Peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-36 memasuki tahap penilaian presentasi Selasa (28/11/2023) dan Rabu (29/11/2023). Presentasi dilakukan di sejumlah ruangan di kampus Unpad Jatinangor.

Peserta yang melaksanakan presentasi berasal dari sembilan bidang PKM yang terbagi dalam 25 kelas.

Ketua Tim Juri Pimnas 36 Dr. Suherman menyampaikan bahwa urutan tim peserta yang maju untuk presentasi adalah berdasarkan hasil undian yang dilakukan oleh panitia. Suherman berpesan kepada para peserta untuk mempersiapkan diri agar selalu siap ketika dipanggil untuk melaksanakan presentasi hasil penelitiannya.

Suherman menjelaskan bahwa mekanisme presentasi Pimnas pada tahun ini secara umum tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal yang menjadi pembeda adalah pada Pimnas kali ini penjurian poster dilakukan terlebih dahulu sebelum penjurian presentasi.

“Tahun ini dibalik, penjurian poster dulu pada hari Senin, kemudian hari Selasa dan Rabu baru penjurian presentasi,” ujar Suherman.

Selanjutnya, Suherman menyampaikan bahwa tim yang sedang melaksanakan presentasi boleh membawa model produk apabila ukuran dan bentuknya tidak menggangu kenyamanan dari peserta dan juri.

“Karena tim punya hak untuk menampilkan presentasi dengan alat bantu, asal memang secara teknis memungkinkan dan wajar, silahkan dibawa untuk lebih meyakinkan juri atau memperbagus presentasi,” kata Suherman.

Setiap tim mendapatkan total waktu 30 menit untuk melakukan presentasi dengan rincian 5 menit pengundian dan persiapan tim, 10 menit presentasi, dan 15 menit untuk diskusi serta tanya jawab bersama 3 juri.

Tidak hanya itu, Suherman menjelaskan bahwa penilaian presentasi yang dilakukan di tempat tertutup dengan akses yang terbatas guna menciptakan lingkungan dan suasana yang mendukung untuk melakukan penjurian.

“Kalau untuk audiens lain, sebenarnya di beberapa spot sudah dibuat live dari layar dan sebagainya. Nanti mungkin panitia juga akan mengunggahnya ke Youtube setelah acara selesai. Tetapi itu sepenuhnya menjadi kebijakan dari panitia Unpad,” jelasnya.

Suherman juga berpesan agar ketegangan dalam pelaksanaan lomba tidak menghalangi para peserta untuk tetap  menikmati kegiatan Pimnas dengan membangun koneksi juga persahabatan bersama peserta Pimnas lainnya.

“Jadi saya berharap adik-adik 525 tim itu semuanya menikmati, di luar ketegangan lombanya mari kita nikmati momen-momen Pimnas yang mungkin tidak akan berulang di tahun-tahun mendatang,” jelasnya.

Share this: