Peringati Hari Pahlawan, Mahasiswa Perikanan Unpad Gagas “Coastal Community Care Movement”

Himpunan mahasiswa Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad menggelar kegiatan aksi nyata “3CM (Coastal Community Care Movement)” di Zona Ekowisata Mangrove Kasih Sayang, Mundu Pesisir, Cirebon, Minggu, 12 November 2023.*

Laporan oleh Fajar Amali Kurniawan

[Kanal Media Unpad] Memperingati Hari Pahlawan Nasional, Himpunan Mahasiswa Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran menggelar kegiatan aksi nyata “3CM (Coastal Community Care Movement)” di Zona Ekowisata Mangrove Kasih Sayang, Mundu Pesisir, Cirebon, Minggu, 12 November 2023.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Fisheries Week 10.0 dengan agenda penanaman 100 bibit mangrove, Medical Check Up gratis berkolaborasi dengan mahasiswa Fakultas Keperawatan Unpad. Kegiatan ini juga melibatkan Forum Anak Kabupaten Cirebon.

Kegiatan 3CM yang memadukan tindakan pelestarian lingkungan dengan pelayanan kesehatan merupakan bentuk nyata bahwa generasi muda Unpad mampu mengambil peran strategis dalam menjawab tantangan zaman.

Sebagai penghormatan pada Hari Pahlawan Nasional, aksi ini menjadi teladan kepedulian terhadap keberlanjutan lingkungan hidup, sekaligus mendorong kolaborasi untuk mencapai dampak positif yang lebih besar.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan dan sambutan hangat dari Zulfan Arrofii selaku penanggung jawab kegiatan. Zulfan menyampaikan bahwa kegiatan 3CM ini merupakan kegiatan penutup dari rangkaian Fisheries Week 10.0 yang merupakan program kerja dari Departemen Keilmuan Himpunan Mahasiswa Perikanan.

“Mari kita refleksikan momen hari pahlawan ini dengan sebaik-baiknya dan mari mengabdi kepada masyarakat untuk kehidupan yang lebih baik,” ujar Zulfan.

Nursin selaku pengelola Ekowisata menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan positif dimana para mahasiswa melakukan penanaman 100 bibit mangrove dan melakukan rehabilitasi lahan yang telah kosong dan hampir rusak.

“Semoga dengan diadakannya kegiatan ini para mahasiswa bisa lebih tahu bagaimana kehidupan bermasyarakat,” kata Nursin.

Syifa selaku perwakilan Forum Anak Kabupaten Cirebon mengatakan anak-anak juga perlu dilibatkan untuk peduli kawasan pesisir. Dengan adanya agenda penanaman mangrove, anak-anak dapat memperoleh pemahaman baru terkait penanaman. Cek kesehatan gratis juga bermanfaat bagi warga pesisir.

“Dengan diadakannya kegiatan ini, tentu sangat bermanfaat bagi warga sekitar yang antusiasme untuk cek kesehatan,” katanya.

Bintang selaku perwakilan Forum Anak Kota Cirebon juga menambahkan bahwa acara ini sangat bermanfaat karena dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang pentingnya mangrove bagi kehidupan. (rilis)*

Share this: