Mahasiswa OKK Unpad Ajak Pelajar SD Peduli Kesehatan Gigi

Mahasiswa OKK Universitas Padjadjaran melakukan aksi sosial mengenai kesehatan gigi di SDN Cibeusi, Sumedang, Jawa Barat, Jumat (10/11/2023).*

[Kanal Media Unpad] Kelompok 1 dari Kelas OKK 139 Universitas Padjadjaran melakukan aksi sosial mengenai kesehatan gigi di SDN Cibeusi, Sumedang, Jawa Barat, Jumat (10/11/2023). Aksi sosial ini bertujuan untuk mengurangi permasalahan gigi pada anak-anak, khususnya di usia 6 hingga 12 tahun.

“Masalah gigi di usia dini sering terjadi karena kebiasaan menggosok gigi yang tidak diterapkan dengan baik dan benar. Selain itu, sudah menjadi budaya kalau jajanan yang ada di sekitaran SD terbuat dari kandungan-kandungan berbahaya bagi gigi, apalagi jika dikonsumsi terus menerus,” ujar Rachel selaku Project Officer dari kegiatan aksi sosial ini.

“Asagi” merupakan tajuk dari aksi sosial yang dilakukan oleh kelompok ini. “Asagi” sendiri merupakan singkatan dari “Anti Sakit Gigi” yang juga mempunyai jargon “Sakit Gigi? Hush… hush…”. Harapannya, nama yang menarik tersebut akan membuat para siswa di SDN Cibeusi menjadi bersemangat untuk menjaga kesehatan gigi mereka.

Rachel mengungkapkan bahwa Asagi dibuat karena para mahasiswa menyadari dan peduli terhadap isu kesehatan gigi anak yang sudah menjadi perhatian banyak orang, terutama di Indonesia. Dengan adanya Asagi, para mahasiswa berharap pengetahuan anak mengenai kesehatan gigi dan kesadaran untuk menjaga kesehatan gigi dapat meningkat.

Para anggota aksi sosial Asagi berasal dari program studi yang berbeda-beda di Unpad. Kegiatan mereka dibimbing oleh dosen Fakultas Keperawatan Unpad, Nursiswati, S.Kep., Ners., M.Kep., Sp.KMB.

Kegiatan Asagi dimulai dengan Ice breaking guna mencairkan suasana antara siswa dan panitia aksi yang sebelumnya belum saling mengenal, dilanjutkan dengan pertunjukan drama wayang dengan tema “Ilustrasi Sakit Gigi” yang memberikan pengetahuan mengenai sebab, akibat, serta amanat dari tema tersebut. Kegiatan drama ini menjadi salah satu yang paling menghibur dan berhasil menarik perhatian seluruh siswa.

Kemudian, dilaksanakan penyuluhan tentang cara menyikat gigi yang benar disertai dengan praktik. Kegiatan ini diharapkan dapat memberi pemahaman tentang pentingnya menjaga kebersihan gigi untuk mencegah kerusakan dengan teknik menyikat yang benar.

“Hari ini senang sekali. Aku paling semangat kalau udah ketemu kakak Unpad. Aku juga semangat belajar gosok gigi,” ujar Karen, salah satu siswa dari Kelas 4A, SDN Cibeusi, dalam post-it testimoni yang disediakan oleh para mahasiswa. (rilis)*

Share this: