Suasana diskusi “Pantang Menyerah Menggapai Medali Pimnas 36” yang diselenggarakan secara daring melalui Instagram Puspresnas, Selasa (21/11/2023).*

[Kanal Media Unpad] Direktur Eksekutif Ikatan Alumni Pimnas se-Indonesia Aditia Pramudia mengatakan bahwa ada sejumlah manfaat yang dirasa ketika mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Pekan Ilmiah Mahasiwa Nasional (Pimnas).

“Pimnas itu bukan soal jalan-jalan atau prestasi saja, tetapi ada sesuatu yang dikejar pasca-Pimnas,” kata Adit dalam diskusi “Pantang Menyerah Menggapai Medali Pimnas 36” yang diselenggarakan secara daring melalui Instagram Puspresnas, Selasa (21/11/2023).

Dikatakan Adit, meski sebelum Pimnas pola pikirnya adalah mengejar juara, setelah mengikuti Pimnas Adit menjadi tergerak untuk berkarya dan berkontribusi lebih banyak bagi masyarakat. Hal ini juga yang ia lihat dari teman-teman alumni Pimnas yang lain.

Dengan demikian, bagi alumnus Pimnas ke-34 tersebut, mengikuti Pimnas merupakan suatu pengalaman berharga yang layak untuk dikejar.

“Pasca-Pimnas yang dipikirkan bukan kompetisi lagi. Tapi sudah berpikir kontribusi,” kata Adit.

Sebelumnya, saat menjadi panitia Pimnas di Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2018, Adit  melihat ada energi positif yang dipancarkan para peserta Pimnas. Setelah itu, Adit termotivasi untuk membuat PKM di tahun berikutnya. Ia pun berhasil lolos menjadi peserta Pimnas ke-34.

Dari pengalaman tersebut, Adit menilai bahwa ajang ini layak diperjuangkan untuk diikuti mahasiswa.

“Benefit paling besar dari Pimnas itu adalah jejaring. Jejaring itu membantu kita untuk mendapatkan segala bantuan mencapai sukses di masa depan. Jadi Pimnas memang se-worth it itu untuk diperjuangkan,” imbuh Adit.

Bagi peserta yang ingin sukses Pimnas, Adit berpesan untuk tidak mudah menyerah dan selalu menikmati proses. Jika gagal, yang terpenting adalah bagaimana caranya untuk bangkit.

“Jangan pernah menyerah. Tapi tetap sadar diri kapasitas kita itu sampai di mana. Kalau ternyata kapasitas kita masih belum, maka kita harus improve diri kita terus-terusan,” pesan Adit.

Selain Adit, diskusi tersebut juga menghadirkan dr. Imam Maulana seorang alumnus PKM-PM 2016-2019, alumni Pimnas 2018-2019, dan peraih medali emas Pimnas 32; serta Anissa Fitria, S.Si., alumnus PKM-K 2018-2019, alumnus PImnas 2018-2019 dan peraih medali emas Pimnas 31.

Pada tahun ini, pelaksanaan Pimnas ke-36 akan diselenggarakan di Universitas Padjadjaran, 26 November – 1 Desember 2023.(arm)*

Share this: