Unpad dan LinkedIn Siapkan Modul Kursus untuk Mahasiswa MSIB

Koordinator LinkedIn Unpad Dr. Susi Yuliawati, M.Hum., menjelaskan mengenai program LinkedIn Learning dalam acara peluncuran "Course LinkedIn Learning for MSIB Unpad Batch 5" secara daring, Jumat (27/10/2023).*

Laporan oleh Nur Aini Rasyid

[Kanal Media Unpad] Dalam rangka mewujudkan penguatan keterampilan mahasiswa dalam program Magang dan Studi Independen Besertifikat (MSIB), Pusat Pengembangan Karier Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan LinkedIn Learning meluncurkan “Course LinkedIn Learning for MSIB Unpad Batch 5 secara daring, Jumat (27/10/2023).

Dalam sambutannya, Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Mohamad Fahmi, S.E., MT., P.h.D., menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para mahasiswa yang sudah berani mengambil keputusan untuk belajar di luar kampus. Selain itu, Fahmi juga mengungkapkan tanggung jawab Unpad terhadap kualitas mahasiswanya di perusahaan.

“Dalam konteks ini, cara (Unpad) memberikan penguatan-penguatan kualitas itu diberikan secara online. Unpad bekerja sama dengan LinkedIn Learning untuk memberikan akses terhadap ribuan modul dan course di LinkedIn Learning (agar) mahasiswa bisa sukses di dunia industri ataupun dunia kerja,” jelas Fahmi.

Lebih lanjut, Fahmi menjelaskan bahwa dengan mengakses LinkedIn Learning, mahasiswa bisa mempunyai sertifikat yang dapat menambah portofolio, baik ketika sedang menjalani magang ataupun saat lulus nanti. Oleh karena itu, Fahmi berharap mahasiswa dapat mengakases dan menggunakan fasilitas LinkedIn Learning yang diberikan Unpad dengan sebaik-baiknya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Pengembangan Karier Unpad Dr. Rosaria Mita Amalia, M.Hum., menjelaskan bahwa mahasiswa yang sedang menjalani program MSIB Batch 5 ini diwajibkan untuk mengambil courses yang ada di dalam LinkedIn Learning sebagai syarat untuk mendapatkan nilai konversi magang yang nantinya akan dikeluarkan oleh prodi.

Lebih lanjut, Account Director LinkedIn Marsel Mauricius juga menjelaskan courses pada LinkedIn Learning ini dapat diakses oleh mahasiswa Unpad dengan menggunakan akun email Unpad. Akan tetapi, mahasiswa yang mempunyai akun LinkedIn dengan email pribadi tidak perlu khawatir karena mahasiswa cukup menambahkan email Unpad pada akun LinkedIn-nya dan menjadikannya sebagai primary email.

Dalam acara ini, turut hadir Koordinator LinkedIn Unpad Dr. Susi Yuliawati, M.Hum., yang memaparkan mengenai cara aktivasi LinkedIn Learning menggunakan email Unpad serta apa saja contoh kategori dan tampilan course dalam LinkedIn Learning yang dapat diakses oleh mahasiswa nantinya.

Acara kolaborasi Unpad bersama LinkedIn ini ditutup dengan sesi Monitoring MSIB Batch 5 yang dipimpin oleh Dr. Rosaria. Indikator dalam monitoring MSIB Batch 5 ini antara lain membahas mengenai kesesuaian kontrak, peran mentor, hubungan baik mahasiswa dengan atasan, serta kendala terkait beban kerja, skema pencairan uang saku, dan komunikasi dengan perusahaan yang dialami oleh mahasiswa Unpad. (arm)*

Share this: