Rektor Ajak Alumni Asal Sulawesi Berkontribusi Majukan Unpad

Rektor Universitas Padjadjaran beserta sejumlah pimpinan universitas dan fakultas melakukan pertemuan dengan para alumni asal Sulawesi di Maraja Room The Rinra Hotel, Makassar, Sabtu (21/10/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti beserta para pimpinan Unpad menggelar pertemuan dengan alumni di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan. Pertemuan bertajuk “Unpad Temu Alumni” ini digelar di Maraja Room The Rinra Hotel, Makassar, Sabtu (21/10/2023).

Pertemuan tersebut tidak hanya dari wilayah Makassar. Para alumni dari wilayah lain di Sulsel hingga luar Sulsel juga hadir ke acara tersebut. Kegiatan juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Provinsil Sulsel Iqbal Nadjamuddin dan Ketua Ika Unpad Komda Sulsel yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Hasanuddin Prof. drg. Muhammad Ruslin, Sp.BM(K), M.Kes., PhD.

Dalam sambutannya Rektor mengapresiasi bahwa banyak alumni Unpad di Sulsel yang memiliki karier yang baik. “Saya atas nama Unpad mengucapkan terima kasih. Akang-teteh telah berprestasi dan mengabdikan diri untuk membangun daerah dan Indonesia,” kata Rektor.

Melihat bahwa alumni memiliki peran penting, baik dalam kemajuan institusi maupun Indonesia, Rektor mengharapkan alumni untuk tetap terkoneksi, bersilaturahmi, dan saling berbagi dengan Unpad. Sinergi kuat ini diharapkan dalam menunjukkan bahwa Unpad dan alumninya bisa menjadi penggerak bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Salah satu sinergi yang diharapkan adalah kontribusi alumni dalam peningkatan rekognisi internasional Unpad. Pada tahun ini, peringkat Unpad pada pemeringkatan QS World University Rankings berada pada posisi 661. Makin banyaknya alumni yang berkontribusi meningkatkan indikator penilaian employer reputation di QS, Rektor optimistis Unpad dapat masuk ke 500 perguruan tinggi terbaik dunia dengan cepat.

“Kami terpanggil untuk bersama akang teteh mendorong Unpad masuk peringkat 500 dunia. Kalaupun nanti kami memohon untuk mendukung Unpad 500 dunia, diharapkan para alumni tidak akan menolak,” kata Rektor.

Sementara itu, Prof. Ruslin mengatakan, kegiatan temu alumni Unpad ini merupakan kegiatan pertama yang digelar di wilayah Makassar. Kegiatan ini sendiri telah direncanakan sejak 2019.

Melalui kegiatan ini, ujarnya, alumni berkomitmen bersama-sama “ngapungkeun” Unpad dengan berpartisipasi dalam penilaian indikator employer reputation. “Kita berkomitmen sebagai alumni akan bisa berkontribusi kepada almamater dan nusa bangsa,” kata Prof. Ruslin.

Pada kegiatan tersebut, sejumlah alumni dari berbagai fakultas juga menyumbangkan materi untuk program Dana Abadi Unpad.*

Share this: