Perkuat Keterampilan Penyiaran, Radio Unpad Kunjungi Studio DJ Arie

Tim Radio Unpad saat berkunjung ke Studio DJ Arie Public Speaking and Broadcasting School, Bandung, Minggu (8/10/2023).*

[Kanal Media Unpad] Tim Radio Universitas Padjadjaran mendapatkan kesempatan belajar seputar penyiaran (broadcasting)radio bersama praktisi penyiaran radio Arie Ardianto atau DJ Arie. Kegiatan dilaksanakan di Studio DJ Arie Public Speaking and Broadcasting School, Bandung, Minggu (8/10/2023).

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad, kesempatan belajar yang diikuti oleh pengurus Radio Unpad tersebut dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memperoleh beragam wawasan dari pakar penyiaran langsung yang memiliki pengalaman sebagai broadcaster trainer untuk 30 stasiun radio di seluruh Indonesia.

Selain itu kegiatan juga dilakukan untuk menambah wawasan mengenai penguasaan teknik siaran untuk dapat diimplementasikan di Radio Unpad.

Dalam kegiatan tersebut Arie menyampaikan, pengalaman sebagai penyiar radio merupakan value yang luar biasa. Pengalaman ketika siaran akan melatih otak kanan. Saat membawakan siaran, penyair dilatih mencari bahan bicara dengan cepat salah satunya melalui pembuatan punchline.

Lebih lanjut Arie menjelaskan cara sederhana untuk menghindari verbal filler atau bunyi takbermakna yang kerap dilontarkan di sela jeda tuturan. Menurutnya, verbal filler terjadi karena kurangnya wawasan. Untuk itu, penyiar wajib memenuhi wawasan dengan berbagai informasi.

“Sebetulnya verbal filler boleh saja dilakukan, hanya jangan terlalu lama dan tidak terlalu sering dilakukan oleh penyiar. Salah satu cara melatih agar tidak terjadi verbal filler saat berbicara adalah dengan diiringi gerakan tangan,” ujar Arie. (rilis)*

Share this: