Mahasiswa FK Raih Emas di Ajang Indonesia Inventors Day 2023

Tiga mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran peraih emas di ajang The 10th Indonesia Inventors Day 2023 di Denpasar, Bali, 16 - 19 September 2023.*

Laporan oleh Fella Rifnawati

[Kanal Media Unpad] Tim mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran berhasil meraih prestasi pada ajang “10th Indonesia Inventors Day (IID) 2023″ sebagai bagian “World Invention Technology Expo (WINTEX)” di Denpasar, Bali, 16 – 19 September 2023 lalu.

Tim mahasiswa tersebut terdiri dari Rizky Ramadhan Sayyid Zenida, Frizal Harna Faturachman, dan Asep Wirayasa dengan dosen pembimbing dr. Nushrotul Lailiyah, Sp. N, Subsp. NNET(K), Sp.Akp., berhasil meraih medali emas pada kategori pharmacy, health, medicine, and humanistic therapy.

Pada ajang tersebut, tim membawakan inovasi bertajuk “Seizures and Falls Emergency Guard” atau Safeguard. Safeguard merupakan perangkat yang mampu mendeteksi insiden jatuh untuk pasien kejang, epilepsi, ataupun lansia dengan memanfaatkan teknologi IoT. Alat ini memanfaatkan senso akselerometer pada ponsel pintar yang disimpan dalam tas pinggang termodifikasi.

Dengan menggunakan algoritma canggih C45, alat ini mampu mengirimkan lokasi jatuh pasien secara instan kepada keluarga ataupun caregiver.

Diharapkan, inovasi Safeguard ini dapat berkontribusi memberikan manfaat bagi masyarakat luas, khususnya mereka yang memerlukan.

Indonesia Invetors Day merupakan ajang tahunan tingkat internasional yang mempertemukan para inventor dan inovator untuk memamerkan berbagai karya inovatifnya. Tahun ini, sebanyak 250 peserta dari 30 negara mengikuti kegiatan tersebut. (rilis)*

Share this: