Dukung Pencapaian World Class University, FTIP Unpad Gelar Temu Alumni

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti memberikan sambutan pada acara “Temu Alumni FTIP Unpad 2023 – 100 Prominen” di Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan, Sabtu (14/10/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran menggelar kegiatan “Temu Alumni FTIP Unpad 2023 – 100 Prominen” di Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan, Sabtu (14/10/2023). Kegiatan ini dihadiri oleh para alumni FTIP yang berasal dari angkatan 1985 hingga angkatan 2018 dan di antaranya telah menjadi alumni prominen.

Dalam sambutannya Dekan FTIP Unpad, Dr. Ir. Sarifah Nurjanah, M.App.Sc., memaparkan persentase profil alumni FTIP Unpad. Sebanyak 28,07% di antaranya berkarier di swasta dengan beragam jenjang karier. Selain itu, terdapat beberapa profesi lainnya, yaitu: 24,56% sebagai akademisi; 19,30% berkarier di dinas dan instansi pemerintahan; 17,54% berkarier sebagai pengusaha; 7,02% berkarier di BUMN; dan sisanya sebagai profesi-profesi berdaya saing lainnya.

Acara temu alumni ini juga dihadiri langsung Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti. Melalui kegiatan ini, Rektor berharap mampu memberikan feedback dari seluruh pihak guna kemajuan institusi, yaitu terwujudnya Unpad sebagai World Class University baik pada QS World University Ranking ataupun THE World University Ranking.

Paparan penjelasan mengenai pencapaian Unpad pada kedua pemeringkatan tersebut kemudian dijelaskan oleh Direktur Riset dan Pengabdian pada Masyarakat (DRPM) Unpad, Prof. Rizky Abdullah, Apt., Ph.D. Prof. Rizky menjelaskan pencapaian Unpad pada subjek agrikultur berada pada peringkat 427 dari sekitar 1.200 universitas yang memiliki fokus dalam pengembangan bidang tersebut.

“Peringkat Unpad di subjek pertanian ini tinggal kita naikkan ke 420 agar dapat muncul pada pemeringkatan THE World University Ranking. Performa akademis, yang ditunjukan melalui publikasi ilmiah dan jumlah sitasi pun sangat tinggi dalam 5 tahun terakhir yaitu mencapai lebih dari 500 artikel yang terindeks scopus serta bereputasi tinggi dan menengah,” kata Prof. Rizky.

Visi tersebut tidak hanya dicapai melalui reputasi akademik, melainkan dapat ditentukan juga oleh kinerja alumni baik sebagai user ataupun sebagai lulusan. Prof. Rizky juga menambahkan penjelasan bahwa semakin baik penilaian yang didapatkan oleh Unpad yang diberikan oleh pengguna lulusan (user) maupun kinerjanya sebagai lulusan sangat mempengaruhi reputasi Unpad dalam pemeringkatan QS dan THE World University Ranking.

“Kegiatan temu alumni ini kita harapkan dan bertujuan untuk merangkul para alumni. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan agar para alumni kita memiliki kesempatan untuk berkontribusi kembali kepada almamaternya, khususnya dalam memajukan Unpad masuk dalam Top 500 World University,” kata ketua panitia kegiatan Devi Maulida Rahmah, PhD. (rilis)*

Share this: