Dua Anggota Palawa Unpad Ikuti Sekolah Panjat Tebing Skygers Indonesia

Dua anggota Palawa Unpad ikuti Sekolah Panjat Tebing Batch 32 Skygers Indonesia.*

[Kanal Media Unpad] Dua anggota Unit Pencinta Alam Palawa Universitas Padjadjaran menjadi peserta Sekolah Panjat Tebing Batch 32 yang diselenggarakan Skygers Indonesia di tebing Citatah 125, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, 28 September – 1 Oktober 2023 lalu.

Dua anggota Palawa Unpad tersebut, yaitu Nada Aulia Azzahra (Sastra Rusia) dan Muhammad Bilghi Arroyan (Antropologi). Keduanya bersama lebih dari 30 peserta dari perwakilan organisasi kepencintaalaman di Indonesia menjadi peserta dari sekolah tersebut.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad, Nada mengungkapkan, sekolah ini ditujukan untuk pelatihan keselamatan kerja besertfikat di ketinggian dalam upaya peningkatan keterampilan dan pengetahuan pemanjatan tebing di alam, olahraga, keselamatan pekerja ketinggian, hingga pertolongan kecelakaan (rescue).

Skygers sendiri sebagai perguruan memanjat tebing di Indonesia rutin menggelar sekolah panjat tebing setiap tahunnya dengan kuota terbatas. Kendati demikian, kegiatan ini terbuka untuk umum.

“Muatan materi yang diajarkan dimulai dari prosedur sistem keselamatan, prosedur pemanjatan, pengenalan peralatan panjat tebing, pemasangan atau penggunaan peralatan, pengenalan sistem pemanjatan (clean climbing), serta simpul dan jerat,” ujar Nada.

Nada mengatakan, keikutsertaannya dalam sekolah tersebut juga untuk mengulang kembali materi yang sebelumnya pernah diajarkan saat masa bimbingan Palawa Unpad. 

Selain itu, kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi para pemanjat tebing sehingga mendapatkan pengetahuan baru tentang dunia panjat tebing. Usai mengikuti sekolah, peserta mendapatkan sertifikasi tingkat dasar panjat tebing. (rilis)*

Share this: