Bagi Informasi Tentang Penerbitan Buku, Unpad Press Terima Kunjungan dari Undip

Foto bersama pengelola Unpad Press dengan delegasi Universitas Diponegoro.*

[Kanal Media Unpad] Unit Layanan Penerbitan Unpad (Unpad Press) menerima kunjungan dari Universitas Diponegoro. Kunjungan diterima di ruang rapat Direktorat Riset dan Pengabdian pada Masyarakat Unpad di Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, 10 Oktober 2023 lalu. 

Kunjungan disambut oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, M.Sc.; Direktur Riset dan Pengabdian pada Masyarakat Prof. apt. Rizky Abdulah, Ph.D.; sekretaris DRPM Ida Nur Farida, S.Si., M.Si.; Kepala Unpad Press Andri Yanto, S.Sos., M.I.Kom.; dan staf Unpad Press.

Kepala Biro Komunikasi dan Bisnis Undip Ratna Wahyu Setyaningtyas, M.Si., menyampaikan bahwa kunjungan dilakukan untuk bertukar informasi tentang penerbitan buku yang dijalankan Unpad dan Undip.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad Andri Yanto menjelaskan mengenai sistem dan kebijakan yang berlaku di Unpad Press, termasuk tarif layanan penerbitan, layanan berbasis daring, royalti, serta kerja sama pihak luar.

 “Apa yang diterapkan oleh Unpad Press merupakan hasil studi banding dan diskusi dengan berbagai penerbitan, baik penerbitan swasta maupun penerbitan perguruan tinggi,” tuturnya.

Andri menambahkan, digitalisasi terhadap buku yang sudah diterbitkan adalah langkah yang perlu diprioritaskan. Digitalisasi dapat dilakukan secara mandiri atau dibantu pihak ketiga untuk mempercepat kurasi naskah yang masih dalam bentuk konvensional.

Sistem dan kebijakan di Unpad Press tersebut ternyata menginspirasi pihak Undip. Kepala UPT Perpustakaan dan Undip Press, Suwondo, S.Hum., M.Kom., mengatakan, kebijakan Unpad Press dalam mengelola SDM dapat diterapkan Undip dalam memanajemen tenaga kerja yang dimiliki.

“Hasil kunjungan ke Unpad Press menambah bekal bagi Undip Press untuk mengembangkan layanan penerbitan yang lebih efektif dan efisien agar dapat melayani sivitas dalam menerbitkan buku” ujar Suwondo. (rilis/laily)*

Share this: