Unpad Berikan Penghargaan pada Puncak Peringatan Dies Natalis ke-66

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti memberikan penghargaan Anugerah Padjadjaran Utama kepada Prof. Dr. Ir. Ganjar Kurnia, DEA., Satya Karya Bhakti Mahaguru kepada Prof. Dr. Budi Nurani Ruchjana, M.S., dan Satya Karya Adisiswa Padjadjaran kepada Ahnaf Fairuzuhdy Aslam dalam Puncak Peringatan Dies Natalis ke-66 Universitas Padjadjaran yang digelar di Grha Sanusi Hardjadinata Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Minggu (11/9/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Pada Puncak Peringatan Dies Natalis ke-66 Universitas Padjadjaran yang digelar di Grha Sanusi Hardjadinata Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Minggu (11/9/2023), Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti menyerahkan sejumlah penghargaan kepada sivitas akademika yang berkontribusi aktif dalam pengembangan Unpad.

Pada tahun ini, Anugerah Padjadjaran Utama diberikan kepada Guru Besar Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. Ganjar Kurnia, DEA. Anugerah Padjadjaran Utama ialah penghargaan tertinggi yang diberikan kepada pendidik Unpad atau tokoh masyarakat atas pengabdian dan jasanya yang luar biasa dalam pengembangan ilmu, teknologi, seni, dan budaya bagi nusa bangsa dan kejayaan Unpad. 

Selain itu, diberikan juga penghargaan Satya Karya Bhakti Mahaguru, yaitu penghargaan yang diberikan kepada guru besar yang telah mengabdi sebagai dosen tetap di Universitas Padjadjaran selama tidak kurang dari 40 tahun dengan kriteria yang telah ditentukan. Tahun ini, penghargaan diberikan kepada Guru Besar Fakultas MIPA Prof. Dr. Budi Nurani Ruchjana, M.S.

Rektor juga memberikan penghargaan Satya Karya Adisiswa Padjadjaran, yaitu penghargaan yang diberikan kepada mahasiswa yang telah memberikan sumbangan yang bermanfaat bagi perkembangan dan kejayaan Universitas Padjadjaran. Penghargaan ini diberikan kepada Ahnaf Fairuzuhdy Aslam.

Penghargaan Satya Karya Bhakti Kelas I dan II, Purnabakti, dan Jasa Bhakti

Rektor memberikan penghargaan Satya Karya Purnabakti kepada Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prof. Dr. Sutyastie Soemitro di Ruang Serba Guna Gedung II Kampus Iwa Koeosoemasoemantri Unpad, Bandung, Senin (11/9/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

Usai acara Puncak Peringatan Dies Natalis, Rektor Unpad memberikan penghargaan Satya Karya Bhakti, Purnabakti, dan Jasa Bhakti yang digelar di Ruang Serba Guna Gedung II Lantai 4 Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Senin (11/9/2023).

Direktur Sumber Daya Manusia Unpad Aulia Iskandarsyah, M.Psi., M.Sc., PhD, mengatakan, pada tahun ini, Penghargaan Satya Karya Bhakti Kelas I diberikan kepada 25 dosen dan tenaga kependidikan yang sudah mengabdi di Unpad selama kurang lebih 25 tahun. 

Penghargaan Satya Karya Bhakti Kelas II diberikan kepada 116 dosen dan tenaga kependidikan yang sudah mengabdi di Unpad selama kurang lebih 15 tahun. 

Sementara penghargaan Satya Karya Purnabakti diberikan kepada 141 dosen dan tenaga kependidikan yang sudah mengabdikan diri untuk kemajuan Unpad sampai batas usia pensiun. Terakhir, Satya Karya Jasabhakti diberikan kepada 15 dosen dan tenaga kependidikan yang wafat saat masih aktif sebagai pegawai Unpad.

“Ini adalah sebagai bentuk perhatian Unpad kepada para pegawainya,” kata Aulia.

Dalam sambutannya Rektor menyampaikan, para tenaga purnabakti dan pegawai yang wafat merupakan mereka yang telah berkontribusi menghasilkan prestasi demi kemajuan Unpad. 

“Dengan jasa-jasa yang telah Bapak/Ibu berikan, maka Unpad makin tua, makin besar dan diharapkan makin maslahat,” kata Rektor.

Penghargaan Akademik

Selain penghargaan, pada Puncak Peringatan Dies Natalis ke-66 tersebut, Unpad juga memberikan penghargaan kepada dosen dengan publikasi terbaik. Penghargaan yang diberikan adalah sebagai berikut: 

  • Publikasi Terbaik kesatu dalam Bidang Sains dan Teknologi Dr. Agriani Hermita Sadeli, S.P., M.E., dari Fakultas Pertanian; 
  • Publikasi Terbaik dalam Bidang Sosiohumaniora Titik Anas, S.E., M.Ec.Dev., PhD, dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis; 
  • Penghargaan bagi jurnal Unpad yang terindeks Scopus diberikan kepada Jurnal Keperawatan Padjadjaran dengan Pemimpin Redaksi Dr. Siti Yuyun Rahayu Fitri, S.Kp., M. Si.,

Unpad juga memberikan Anugerah Pradja Brata 2023. Anugerah ini merupakan penghargaan yang diberikan atas kontribusi fakultas dalam menunjang rekognisi internasional Unpad. Kriteria penilaian dilihat dari parameter pembelajaran,  kemahasiswaan dan alumni, sumber daya manusia, riset dan inovasi, serta kemitraan dan pendapatan.

Pada tahun ini, piala tetap Anugerah Pradja Brata 2023 diberikan kepada Fakultas Farmasi. Sementara piala bergilir Anugerah Pradja Brata 2023 diberikan kepada Fakultas MIPA.

Juara Unpad Bergerak

Pada acara tersebut juga diumumkan pemenang kompetisi olahraga Unpad Bergerak. Adapun pemenang kompetisi pada setiap cabang olahraga adalah sebagai berikut:

Voli Putra

1. FK 

2. Direktorat Sarana, Prasarana, dan Manajemen Aset

3. Faperta

Voli Putri

1. Fikom

2. Fapet

3. Direktorat Tata Kelola, Legal, dan Komunikasi

Tenis Meja

1. FEB

2. Direktorat Tata Kelola, Legal, dan Komunikasi

3. Fikom

Bulutangkis

1. FK

2. Direktorat Sarana, Prasarana, dan Manajemen Aset

3 FIB

Sepakbola 

1. Direktorat Sarana, Prasarana, dan Manajemen Aset

2. Direktorat Sumber Daya Manusia

3. FEB.*

Share this: