Rektor Tutup Kompetisi Olahraga Unpad Bergerak

Pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, dan mitra Universitas Padjadjaran melakukan jalan santai menuju Stadion Jati Padjadjaran dalam acara penutupan Kompetisi Olahraga Unpad Bergerak, Rabu (6/9/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Rangkaian kegiatan Kompetisi Olahraga Unpad Bergerak memperingati Dies Natalis ke-66 Universitas Padjadjaran resmi berakhir pada Rabu (6/9/2023). Kompetisi olahraga yang digelar sejak 1 Agustus 2023 lalu ini diikuti oleh seluruh fakultas dan unit kerja di lingkungan Unpad.

Penutupan kompetisi olahraga Unpad Bergerak digelar di Stadion Jati Padjadjaran, Rabu (6/9/2023) pagi. Acara diawali dengan kegiatan jalan santai yang diikuti 291 orang dan sepeda santai yang diikuti 348 orang dengan rute mengelilingi kampus Unpad di Jatinangor. Acara jalan dan sepeda santai ini diikuti oleh para warga Unpad, alumni, dan mitra perbankan.

Ketua pelaksana Unpad Bergerak Dr. Ir. Rahmat Hidayat, M.Si., mengatakan, kompetisi olahraga Unpad Bergerak terdiri dari beberapa rangkaian acara. Pertama, Eksibisi Unpad Aleut-aleutan yang diikuti 29 kontingen dari fakultas dan direktorat. Kegiatan eksibisi ini digelar pada acara pembukaan Unpad Bergerak, 1 Agustus 2023 lalu.

Kegiatan kedua adalah Pesta Olahraga Rakyat di Laboratorium Kimia Tanah dan Nutrisi Tanaman Fakultas Pertanian, Jatinangor, 17 Agustus 2023 lalu. Kegiatan ini juga diikuti peserta dari berbagai fakultas dan direktorat di lingkungan Unpad.

Kegiatan yang digelar untuk memperingati HUT ke-78 RI ini terdiri dari empat jenis permainan yang dilombakan, yaitu estafet 1 yang terdiri dari manggul suluh, balap karung, dan néwak belut; estafet 2 yang terdiri dari néwak meri dan néwak lauk; lomba tarik tambang; dan lomba gebuk bantal.

Kegiatan ketiga yaitu olimpiade olahraga. Ada empat cabang yang dilombakan, yaitu tenis meja, bulu tangkis, voli, dan sepak bola. Kegiatan ini diikuti oleh 25 kontingen yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, dan tenaga outsourcing di lingkungan Unpad.

Kegiatan lainnya, yaitu jalan santai dan sepeda santai yang digelar dalam acara penutupan serta kompetisi basket 3 on 3 pada Sabtu (9/9/2023).

Acara kompetisi tersebut resmi ditutup oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti. Dalam sambutannya Rektor menjelaskan, selama sebulan warga Unpad sudah ”bergerak” sebagai upaya menjadikan fisik dan mental pegawai menjadi lebih sehat. 

Hal ini diyakini akan meningkatkan kreativitas dan kekompakan untuk mendukung Unpad bergerak menuju 500 perguruan tinggi terbaik dunia.

Kendati kompetisi Unpad Bergerak telah selesai, Rektor tetap mendorong seluruh warga Unpad untuk tetap “bergerak”. Setiap pengelola fakultas dan unit kerja diharapkan terus memotivasi pegawainya untuk terus bergerak.

“Pesannya, bergerak tetap lanjut sendiri-sendiri. Mari kita semua terus bergerak untuk lebih sehat, dan kreatif untuk Unpad tercinta,” kata Rektor.*

Share this: