Peringati World Cleanup Day 2023, Mahasiswa Unpad Ikut Bersihkan Sungai Cikapundung

Himpunan mahasiswa Perikanan Universitas Padjadjaran berkontribusi dalam melaksanakan aksi bersih-bersih sungai di sungai Cikapundung, Bandung, Sabtu (16/9/2023).*

[Kanal Media Unpad] Dalam rangka memperingati “World Cleanup Day” pada 16 September 2023, Himpunan Mahasiswa Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran berkolaborasi dengan River Clean Up melaksanakan aksi bersih-bersih sungai di sungai Cikapundung, Bandung, Sabtu (16/9/2023).

Aksi tersebut digelar di empat lokasi, yaitu sungai Cipaganti, segmen Cikapundung Kampung Cibarani, Plaza Cikapundung River Spot, dan segmen Cikapundung Regol. Himikan FPIK Unpad sendiri memilih bergerak membantu pembersihan di lokasi Plaza Cikapundung River Spot.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad, ada tiga agenda utama yang dilakukan, yaitu pembersihan sungai, bincang komunitas, dan uji kualitas perairan. Pada aksi bersih pantai di kawasan tersebut, terkumpul 684,8 kilogram sampah yang tergolong ke dalam sampah plastik, kertas, logam, hingga tekstil.

Kegiatan ini juga diikuti mahasiswa lainnya, di antaranya dari Himpunan Mahasiswa HI Unpad dan Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi Unpad. Selain mahasiswa, kegiatan aksi bersih sungai World Cleanup Day tersebut juga diikuti berbagai kalangan, mulai dari anak-anak sampai dewasa yang tergabung dalam relawan River Friend.

Upaya menjaga keberlangsungan ekosistem tidak hanya dilakukan dalam kegiatan bersih-bersih sungai semata, tetapi juga didukung oleh penggunaan sarung tangan dan alat makan reusable yang ramah lingkungan. Para relawan diimbau untuk membawa alat makan seperti tumbler minum dan wadah bekal yang nantinya digunakan untuk menampung konsumsi yang diberikan. (rilis)*

Share this: