Mahasiswa FPIK Unpad Ajak Pelajar SD Gemar Makan Ikan dan Baca Buku

Mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Perikanan FPIK Unpad berfoto bersama dengan pelajar SDN Maruyung 1, Kabupaten Bandung, Sabtu (9/9/2023).*

[Kanal Media Unpad] Departemen Pengabdian kepada Masyarakat Himpunan Mahasiswa Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran menyelenggarakan kegiatan edukasi mengenai Gemar Makan Ikan dan Gemar Baca Buku atau Gemari Gemaru. 

Edukasi bertema “Gemari Gemaru, Wujudkan Anak Indonesia yang Lebih Maju ini diselenggarakan di SD Negeri Hegarmanah, Sabtu (2/9/2023) dan di SD Negeri Maruyung 1, Kabupaten Bandung, Sabtu (9/9/2023).

Kegiatan Gemari Gemaru didasari oleh kekhawatiran Himikan Unpad mengenai kurangnya akan gizi protein, khususnya dalam konsumsi ikan pada anak-anak serta kurangnya pemahaman masyarakat Indonesia tentang gizi dan manfaat protein ikan bagi kesehatan dan kecerdasan membuat anak bangsa kurang membiasakan diri untuk mengonsumsi ikan. 

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad, hal ini tidak sejalan dengan orientasi pembangunan nasional yang berbasis kemaritiman. Hal lain yang mendasari kegiatan ini adalah fenomena tentang minat baca yang kurang terjadi di dunia pendidikan khususnya di Negara Indonesia. 

Membaca buku mempunyai peranan penting dalam melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas, kreatif, dan kritis. Diharapkan kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan antusiasme anak-anak dalam membaca buku dan mengkonsumsi ikan. 

Pemaparan materi dilakukan secara interaktif dengan membaca buku bersama. Buku yang dibacakan juga dibuat langsung oleh Departemen PKM Himikan Unpad. Selain itu juga Himikan Unpad membagikan beberapa jenis olahan ikan agar anak-anak bisa langsung merasakan produk olahan ikan yang dapat meningkatkan minat konsumsi ikan kepada anak-anak tersebut. 

Dalam kegiatan tersebut, Himikan Unpad juga mengadakan Pre Test dan Post Test untuk mengetahui penguasaan materi anak-anak serta berbagai macam Games agar menarik atensi anak-anak dalam kegiatan Gemari Gemaru. 

Kegiatan Gemari Gemaru tahun ini juga berkesempatan untuk berkolaborasi dengan BEM FPIK Unpad Departemen Sosial dan Lingkungan sehingga kegiatan berjalan dengan ramai dan meningkatkan antusias anak-anak terhadap materi yang diberikan. (rilis)*

Share this: