Dokter spesialis mata dari Klinik Netra melakukan pemeriksaan mata kepada warga Unpad dalam kegiatan Unpad Berbagi yang dilaksanakan di Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Selasa (29/8/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Sebagai bagian dari kegiatan Unpad Berbagi memperingati Dies Natalis ke-66, Universitas Padjadjaran menyelenggarakan pemeriksaan mata gratis bekerja sama dengan Netra Klinik Spesialis Mata Bandung. Acara diselenggarakan di Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Selasa (29/8/2023). Acara diikuti oleh 200 peserta yang merupakan keluarga besar Unpad.

Ketua Program Unpad Berbagi 2023 yang juga Dekan Fakultas Farmasi Unpad Prof. Dr. Ajeng Diantini, M.Si., Apt. berharap acara ini dapat bermanfaat bagi keluarga besar Unpad, terutama dalam mendukung kesehatan mata untuk kegiatan keseharian.

“Insyaallah pemeriksaan mata ini akan sangat bermanfaat untuk Bapak Ibu semua, karena mata kita indera yang sangat penting untuk beraktivitas sehari-hari,” kata Prof. Ajeng.

Prof. Ajeng juga mengapresiasi Klinik Netra atas kolaborasi yang dilakukan bersama Unpad dalam kegiatan Unpad Berbagi.

“Terima kasih atas bantuannya. Netra tahun lalu juga sudah melibatkan diri untuk Unpad Berbagi,” ucap Prof. Ajeng.

Direktur Netra Klinik Spesialis Mata Bandung dr. Dewi Trini Sp.M., M.Kes mengatakan bahwa Netra terus berperan untuk mendorong pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan kesehatan mata. Netra juga berupaya untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan mata peremium yang dapat dijangkau oleh berbagai lapisan masyarakat.

“Oleh karena itu, ajakan untuk bekerja sama dengan Unpad pada hari ini merupakan suatu kehormatan bagi kami,” ujar dr. Dewi.

Lebih lanjut dr. Dewi mengungkapkan, acara ini melibatkan 15 staf Klinik Netra, terdiri dari 4 dokter mata, serta sejumlah perawat dan staf pendukung lainnya. Layanan kesehatan mata meliputi skrining visus, konsultasi dokter mata, dan pemberian obat.

“Masih banyak masyarakat yang tidak bisa menjangkau layanan kesehatan mata yang berkualitas, mungkin karena jarak atau waktu. Kami sangat berbahagia bisa hadir untuk memberikan layanan pemeriksaan mata,” kata dr. Dewi.

Sebelumnya, Unpad Berbagi telah melaksanakan berbagai acara, antara lain pemeriksaan gigi dan mulut, pemeriksaan darah, pencegahan stroke. Acara selanjutnya yang akan dilakukan yaitu donor darah dan kegiatan berbagi bersama teman disabilitas. (arm)*

Share this: