Tim Unpad Bangun Kemandirian Masyarakat Desa Cilayung Melalui Produksi Pangan Fungsional

Tim mahasiswa KKNM Universitas Padjadjaran melakukan pemberdayaan masyarakat Desa Cilayung, Jatinangor, untuk pengembangan produksi pangan fungsional.*

[Kanal Media Unpad] Desa Cilayung di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, memiliki beragam potensi untuk memproduksi pangan fungsional bagi masyarakat setempat. Potensi ini kemudian menarik perhatian tim KKNM Universitas Padjadjaran untuk ikut berkontribusi dalam memperkuat produksi pangan fungsional.

Tim KKNM dengan Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Muhammad Fahillah, M.Si., melakukan pemberdayaan masyarakat Cilayung dalam pengolahan pangan fungsional berupa kopi, roti, dan susu, serta memberikan pelatihan wirausaha. 

Salah satu sektor yang dipilih untuk dikembangkan adalah pengolahan kopi. Menurut Muhammad Fadhullah yang merupakan dosen Departemen Kimia sekaligus barista besertifikasi, Desa Cilayung memiliki potensi besar dalam produksi kopi. Akan tetapi, pengolahan kopi saat ini masih terbilang sederhana sehingga menyebabkan kualitasnya belum optimal.

Berkenaan dengan hal tersebut, para mahasiswa KKNM bekerja sama dengan Dedeng Saefurohman selaku Kepala Desa Cilayung, dalam memberikan pelatihan tentang teknik pengolahan kopi yang lebih modern dan efisien. Adapun pelatihan kopi telah selesai dilaksanakan dari tanggal 3-4 Agustus 2023. 

Selain kopi, program KKNM ini juga berfokus pada industri roti skala kecil. Banyak ibu rumah tangga di desa memiliki keterampilan dalam membuat roti yang lezat. Akan tetapi kurangnya pemahaman tentang teknik pengolahan dan kebutuhan bahan menyebabkan potensinya belum tergali dengan baik. 

Para mahasiswa membantu mereka dengan memberikan pelatihan tentang bagaimana membuat roti yang enak dan lembut. Adapun pelatihan dilakukan selama 4 hari, dimulai dari tanggal 24-27 Juli 2023, dengan resep yang berbeda setiap harinya. Dimulai dari roti non gluten, roti buah naga, roti ubi ungu, churros, kue soes, roti manis, dan juga roti pizza. 

Industri susu lokal juga mendapat perhatian program KKNM kali ini. Beberapa peternak di Desa Cilayung telah menghasilkan susu segar berkualitas. Sayangnya, pengetahuan tentang teknik pemrosesan olahan susu menyebabkan potensi ini belum optimal. 

Para mahasiswa dibantu Dosen Departemen Kimia Unpad Santi Dwiningrum Br. Ginting memberikan pelatihan kepada ibu-ibu mengenai teknik pemrosesan susu yang baik, menjaga kebersihan, hingga standar mutu. Melalui pelatihan ini, produk susu lokal Cilayung, mulai dari yoghurt, bola-bola susu, keju mozarella, cream cheese, dan lain-lain dapat masuk pasar lebih luas. Pelatihan ini dilaksanakan pada 31 Juli 2023 hingga 2 Agustus 2023.

Program KKNM ini telah berhasil memberdayakan masyarakat dalam pengolahan pangan kopi, roti, dan susu. Melalui kolaborasi dan kreativitas, para mahasiswa KKN telah membantu menggali potensi desa dan meningkatkan kualitas produk lokal.

“Dampaknya tidak hanya terasa secara ekonomi, tetapi juga memberikan dampak positif secara sosial dan kultural. Semoga program semacam ini dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lain untuk mengembangkan potensi lokal mereka dan menciptakan kemajuan yang berkelanjutan,” kata Fadhil. (rilis/salsa)*

Share this: