Tim KKNM Unpad Gelar Donor Darah di Desa Babakan, Pangandaran

Kelompok KKNM Universitas Padjadjaran di Desa Babakan, Pangandaran, melaksanakan kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kabupaten Pangandaran, Sabtu (29/7/2023).*

[Kanal Media Unpad] Kelompok KKNM Universitas Padjadjaran dengan Dosen Pembimbing Lapangan Buntora Pasaribu, PhD, di Desa Babakan, Pangandaran, menggelar kegiatan donor darah di Pangkalan Pendaratan Ikan Cikidang, Pangandaran, Sabtu (29/7/2023).

Kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kabupaten Pangandaran ini merupakan bagian dari rangkaian program kerja KKNM Unpad bidang kesehatan di Desa Babakan. Pada kegiatan tersebut, sebanyak 16 labu terkumpul dari para pendonor.

Ketua Markas PMI Pangandaran Ir. Dadang Gunawan, M.Si, MBA, mengatakan, seluruh mahasiswa harus mencontoh kegiatan ini karena menurut beliau kegiatan ini sangat luar biasa walaupun terlihat sederhana. Karena pada dasarnya berbuat baik bukan hanya dengan uang, namun bisa dengan darah.

Tidak hanya masyarakat Desa Babakan, kegiatan ini dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Asep Noordin H untuk melakukan cek tekanan darah. Dalam kesempatan tersebut, Asep juga mengapresiasi kegiatan yang dilakukan tim KKNM Unpad. Diharapkan, kegiatan ini dapat memberikan motivasi kepada masyarakat untuk dapat mendonorkan darahnya.

Selain aksi donor darah, kegiatan KKNM Unpad di Desa Babakan dengan nama “Transformer” juga melakukan sosialisasi kebersihan tentang cuci tangan dan gosok gigi” di SDN 4 Babakan di Desa Babakan.

Dalam kegiatan ini juga, mahasiswa memberikan edukasi kepada pelajar SD tentang pentingnya mencuci tangan dan menjaga kebersihan gigi guna mencegah penyakit menular.

Buntora mengatakan kegiatan KKNM yang terintegrasi dengan program Pengabdian pada Masyarakat dapat memberikan dampak kepada masyarakat lokal secara langsung baik dalam bidang kesehatan dan lingkungan. Untuk program kegiatan selanjutnya yang berfokus pada lingkungan akan dilakukan seminar dan aksi bersih pantai pada Selasa (1/08/2023) di Pantai Barat, Pangandaran. (rilis)*

Share this: