PSM Unpad Juarai Tokyo International Choir Competition

PSM Unpad di ajang The 5th Tokyo International Choir Competition, di Tokyo, Jepang, 28 - 30 Juli 2023.*

[Kanal Media Unpad] Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran berhasil meraih juara pada kompetisi paduan suara internasional “The 5th Tokyo International Choir Competition” yang digelar di Tokyo, Jepang, 28 – 30 Juli 2023 lalu.

Pada kompetisi tersebut, PSM Unpad berhasil meraih juara I pada kategori Contemporary Music serta meraih penghargaan “Best Interpretation of Contemporary Music Piece”. Kompetisi paduan suara tersebut diikuti 69 paduan suara dari 11 negara.

Ketua PSM Unpad Ratu Zahranie mengatakan, persiapan yang dilakukan PSM Unpad menghadapi kompetisi tersebut terbilang singkat. Sejak Maret 2023, pihaknya mulai mempersiapkan diri dengan membentuk tim dan panitia dan memulai latihan.

“Jika biasanya latihan untuk kompetisi luar negeri dilakukan 3-6kali seminggu, kompetisi kali ini berbeda. Latihan dilakukan pada hari Minggu saja,” kata Ratu saat dihubungi Kanal Media Unpad.

Kendati persiapan dan manajemen waktu yang terbilang singkat, dengan kolaborasi baik, PSM Unpad mampu tampil optimal dalam ajang tersebut. Ratu mengaku, apa pun kompetisinya, hal tersebut menjadi wahana bagi PSM Unpad untuk belajar dan mengembangkan potensinya. 

Berada pada kategori musik kontemporer, PSM menyajikan beberapa komposisi dengan konduktor Arvin Zaenullah, yaitu Readymade Alice, Sicut Cervus, dan Kalejs Kala Debesis. Salah satu lagu, Readymade Alice, berhasil mengantarkan PSM Unpad meraih penghargaan Best Interpretation of Contemporary Music Piece.

Dengan berhasil meraih juara pertama, PSM Unpad dapat mendukung kiprah Unpad di tingkat internasional melalui jalur kesenian.

“Harapannya semua pihak bisa belajar dari dinamika yang terjadi selama berjalannya persipaan hingga kompetisi, semoga dapat menambah prestasi almamater di kancah internasional dan mendukung misi Unpad menjadi world class university,” kata Ratu.*

Share this: