Peringati Dies Natalis ke-66, Rektor Buka Kompetisi Olahraga Unpad Bergerak

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti menyalakan obor sebagai tanda digelarnya kompetisi olahraga Unpad Bergerak memperingati Dies Natalis ke-66 Unpad di Stadion Jati Padjadjaran Kampus Unpad Jatinangor, Selasa (1/8/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti membuka secara resmi “Unpad Bergerak” sebagai bagian dari peringatan Dies Natalis ke-66 Unpad. Pembukaan Unpad Bergerak secara simbolis dilakukan melalui penyalaan api obor oleh Rektor di Stadion Jati Padjadjaran, Unpad, Jatinangor, Selasa (1/8/2023).

Ketua Panitia Unpad Bergerak Dr. Rahmat Hidayat, S.Pt., M.Si., mengatakan bahwa Unpad Bergerak dilaksanakan mulai 1 Agustus hingga 6 September 2023. 

Kegiatan ini diikuti oleh 25 kontingen yang akan bertanding dalam empat cabang olahraga, yaitu tenis meja, bulutangkis, bola voli, dan sepak bola. Cabang olahraga tenis meja dikuti 196 atlet, bulutangkis diikuti 234 atlet, bola voli 490 atlet, dan sepak bola dengan 528 atlet. 

Selain itu, Unpad Bergerak juga menggelar pertandingan eksibisi bola basket 3 on 3, jalan santai, dan sepeda santai.

“Jumlah total atlet yang bertanding adalah 1.448 orang,” ungkap Dr. Rahmat.

Sebagai bagian dari kegiatan Unpad Bergerak juga digelar pesta olah raga rakyat, dengan mempertandingkan tarik tambang, néwak meri, néwak lauk, balap karung, dan manggul suluh yang akan dilaksanakan pada 17 Agustus 2023.

Ada pun tema yang diusung pada Dies Natalis ke-66 ini adalah “Unggul, Harmoni, dan Berdampak”.

“Kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan rasa kebersamaan seluruh komponen Unpad untuk meraih cita-cita kita bersama, yaitu Unpad 500 dunia,” harap Rahmat.

Dalam sambutannya, Rektor mengatakan apresiasinya pada semua pihak yang turut mendukung kemajuan Unpad. Saat ini, Unpad semakin maju dan berkualitas yang menandatakan bahwa Unpad semakin unggul.

“Unggul substansinya adalah berkualitas,” ujar Rektor.

Peningkatan kualitas juga dilakukan melalui adanya kebersamaan. Dengan demikian, harmoni dapat muncul. Hasilnya adalah Unpad yang berdampak pada masyarakat.

“Mari tetap semangat mewujudkan Unpad bermanfaat dan dunia, dan ujungnya kita akan meraih manfaat untuk internal, Insya Allah Unpad jadi lebih sejahtera,” kata Rektor.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan juga penyerahan piala bergilir dari juara umum Unpad Bergerak tahun lalu kepada Rektor.

Unpad Aleut-aleutan

Sebagai kegiatan pembuka Unpad Bergerak, telah diselenggarakan Unpad Aleut-aleutan yang diikuti oleh seluruh unit kerja di lingkungan Unpad.

“Eksibisi Unpad aleut-aleutan dilaksanakan pada hari ini bersamaan dengan kick off pembukaan Unpad Bergerak,” kata Rahmat.

Jumlah kontingen yang mengikuti Unpad Aleut-aleutan sebanyak 29 kontingen, terdiri dari fakultas dan direktorat di lingkungan Unpad. Dalam kegiatan ini, masing-masing kontingen melakukan pawai dan pertunjukan menarik di Stadion Jati Unpad.

 “Sehubungan dengan tingginya animo warga Unpad, agar tidak terlalu membeludak, maka masing-masing kontingen dibatasi maksimal 100 orang,” ujar Rahmat. (arm)*

Share this: