Suasana Surveillance Audit I ISO 21001:2018 Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran oleh British Standard Institution (BSI), 3 Agustus 2023.*

[Kanal Media Unpad] Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Universitas Padjadjaran melaksanakan kegiatan Surveillance Audit I ISO 21001:2018 di Ruang Pleno Gedung Dekanat FTIP Unpad, Jatinangor Kamis, (3/8/2023). Kegiatan ini sebagai upaya menjamin mutu FTIP Unpad secara berkelanjutan.

Kegiatan Surveillance Audit ini dilakukan oleh badan sertifikasi British Standard Institution (BSI) secara luring dengan Edy Budianto Nainggolan sebagai Lead Auditor. Kegiatan ini dilakukan setelah sebelumnya FTIP Unpad mendapatkan sertifikat ISO 21001:2018 No: EOMS776493 pada tahun 2022.

Hadir dalam kegiatan itu antara lain Dekan FTIP Unpad Dr. Ir. Sarifah Nurjanah, M.App.Sc, Wakil Dekan I Bidang Pembelajaran, Kemahasiswaan, dan Riset, Robi Andoyo, STP., M.Sc., Ph.D, Wakil Dekan II Bidang Sumber Daya dan Organisasi,Dr. Tita Rialita, S.Si., M.Si., Ketua Unit Penjaminan Mutu FTIP, Dr. Siti Nurhasanah, S.TP., M.Si, serta para manajer, kepala departemen, ketua program studi dan tenaga kependidikan di lingkungan FTIP Unpad.

Dalam sambutannya Dekan FTIP Unpad Dr. Sarifah Nurjanah menjelaskan, kegiatan Surveillance Audit I ISO 21001:2018 ini menjadi hal penting sebagai upaya penjaminan mutu terhadap layanan akademik yang diselenggarakan FTIP. Selain itu, upaya ini juga untuk menjamin mutu FTIP Unpad secara berkelanjutan.

“Kami berupaya untuk dapat memberikan layanan terbaik bagi semua pelanggan serta memenuhi persyaratan pemangku kepentingan dengan mengimplementasikan sistem manajemen mutu pendidikan ISO 21001:2018,” kata Sarifah.

Selain itu, audit ini juga merupakan upaya FTIP untuk menjawab tantangan transformasi pendidikan tinggi dalam menghadapi digitalisasi dan perubahan kompetensi lulusan yang signifikan.

“Kami akan selalu memelihara dan mempertahankan implementasi Sistem Manajemen Mutu Pendidikan ISO 21001:2018 secara efektif di fakultas kami tercinta,” kata Sarifah.

Standar ISO 21001 merupakan standar yang secara khusus berbicara mengenai sistem manajemen pendidikan. Standar ini menjamin layanan pendidikan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan pengguna, dalam hal ini adalah mahasiswa, serta kebutuhan mitra yang sesuai dengan standar yang ditetapkan kementerian, universitas, ataupun FTIP sendiri.

Hal senada disampaikan pula oleh Ketua Unit Penjaminan Mutu FTIP Unpad, Dr. Siti Nurhasanah, yaitu kegiatan audit ini bertujuan untuk memastikan manajemen pendidikan yang sesuai dengan standar ISO 21001:2018.

“Kami berkomitmen secara bersama-sama untuk menerapkan ISO 21001:2018 dengan maksud menjamin dan memenuhi kepuasan pelanggan terutama mahasiswa sesuai dengan konsep PPEPP yaitu Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi ,Pengendalian, dan Peningkatan” ungkapnya.

Surveillance Audit ini dilaksanakan selama dua hari dengan scope audit yang di visit terdiri dari Unit Penjaminan Mutu, Wakil dekan 1, Wakil Dekan 2, Program Studi Magister Teknologi Agroindustri, Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, dan Perpustakaan.

Hasil Surveillance ini menyatakan bahwa FTIP Unpad masih berhak menyandang sertifikasi ISO 21001:2018 dari BSI.

Kegiatan Surveillance ini dilaksanakan sekali dalam 1 tahun. Diharapkan pada Surveillance tahun depan FTIP Unpad mampu mempertahankannya bahkan mampu meningkatkan pelayanan terbaik kepada semua pelanggan. (rilis/dani)*

Share this: