BEM Kema Unpad Kolaborasi Gelar Aksi Bersih Pantai di Pantai Batukukumbung

Mahasiswa Universitas Padjadjaran dari Departemen Lingkungan Hidup BEM Kema Unpad bersama Jabar Social Village Project, dan PPK Ormawa Kemendikbudristek RI mengumpulkan sampah di kawasan Pantai Batukukumbung, Cidaun, Jumat (28/7/2023).*

[Kanal Media Unpad] Departemen Lingkungan Hidup BEM Kema Universitas Padjadjaran bersama Jabar Social Village Project, dan PPK Ormawa Kemendikbudristek RI melakukan aksi peduli pantai di Pantai Batukukumbung, Desa Karangwangi, Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jumat (28/7/2023) lalu.

Aksi peduli pantai ini digelar sebagai langkah awal kepedulian generasi muda mengenai kebersihan laut dan pantai di Indonesia. Sebagai negara dengan 70 persen luas totalnya adalah lautan, Indonesia memiliki banyak potensi pantai dan dapat menjadi salah satu sumber daya alam.

Sayangnya, sumber daya alam tersebut masih belum dimanfaatkan dengan baik, padahal memiliki potensi sebagai tempat pariwisata atau bahkan sumber mata pencaharian. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan pantai.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad disebutkan, aksi peduli pantai tersebut dilakukan dengan mengumpulkan sampah anorganik seperti botol plastik, pecahan kaca, jaring bekas, sandal bekas, potongan kain, dan sampah anorganik lainnya. Upaya dilakukan untuk menjaga kebersihan sekaligus mengurangi polusi tanah di sekitar pantai yang memiliki banyak karang tersebut.

Aksi peduli pantai ini dilakukan selama  kurang lebih 40 orang dan berhasil mengumpulkan 17 kantong sampah dalam kurun waktu satu jam. Aksi dilakukan dengan membagi tim menjadi empat kelompok dan diadakan lomba kecil-kecilan untuk memberi semangat kepada partisipan. Kelompok yang berhasil mengumpulkan sampah terbanyak di sekitar pantai akan mendapatkan hadiah sebagai apresiasi.

BEM Kema Unpad berharap, masyarakat dapat terdorong untuk tetap menjaga kebersihan pantai setelah digelarnya kegiatan ini. Tidak hanya untuk masyarakat Desa Karangwangi saja, melainkan untuk seluruh masyarakat Indonesia bahwa kebersihan laut dan pantai perlu diperhatikan. (rilis)*

Share this: