Unpad Gelar Pelatihan Kepemimpinan dan Penguatan Karakter Mahasiswa

Mahasiswa perwakilan pengurus organisasi kemahasiswaan tingkat universitas dan fakultas di lingkungan Universitas Padjadjaran mengikuti Pelatihan Kepemimpinan, Manajemen, dan Program Karakter bagi Mahasiswa yang digelar di Pantai Timur Resort Hotel dan Kampus PSDKU Unpad di Pangandaran, Jumat (14/7/2023) hingga Minggu (16/7/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran melalui Direktorat Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan, Manajemen, dan Program Karakter bagi Mahasiswa yang digelar di Pantai Timur Resort Hotel dan Kampus PSDKU Unpad di Pangandaran, Jumat (14/7/2023) hingga Minggu (16/7/2023).

Sekretaris Direktorat Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad Ofiar Murwanti, MIB, menyampaikan, kegiatan bertema “Membangun Jiwa Kepemimpinan yang Mampu Beradaptasi dan Berintegritas Melalui Penguatan Karakter Mahasiswa” ini diikuti 195 mahasiswa perwakilan organisasi kemahasiswaan di tingkat universitas dan fakultas. Kegiatan diisi dengan pelatihan kepemimpinan dan karakter yang difasilitasi tim Pusat Pengembangan Karakter dan Konseling Unpad.

Lebih lanjut Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad Dr. eng. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam mengatakan, ada tiga acara penting terkait kemahasiswaan melalui pelatihan ini. 

Tiga acara penting tersebut meliputi latihan kepemimpinan dan manajemen mahasiswa serta penguatan karakter, lokakarya bidang kemahasiswaan, serta lokakarya penyusunan pedoman Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tingkat fakultas yang diikuti Manajer Pembelajaran, Kemahasiswaan, dan Alumni setiap fakultas.

Saat menyampaikan sambutan Boy mengatakan, kegiatan ini penting diikuti oleh mahasiswa, khususnya mereka yang berkecimpung di organisasi kemahasiswaan. 

“Anda akan menjadi influencer kepada mahasiswa lain,” kata Boy.

Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, pemateri dari tim Pusat Penguatan Karakter dan Kemahasiswaan Unpad akan menyampaikan sosialisasi mengenai karakter mahasiswa Unpad. Diharapkan, karakter ini dapat ditanamkan, baik selama menjadi mahasiswa maupun saat berada di lingkungan masyarakat.

Selain itu, para mahasiswa juga diajak untuk mengenal kampus Unpad di Pangandaran. Hal ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan sudut pandang baru mengenai kampus Unpad.

Perwakilan tim P2K2 Unpad Prof. Dr. Hendriati Agustiani menjelaskan, kegiatan ini akan mengenalkan program penguatan karakter mahasiswa Unpad berupa “Jatidiri”. Program ini merupakan elaborasi dari nilai-nilai yang sudah tertanam dalam diri mahasiswa dan alumni Unpad selama ini.

“Jatidiri” merupakan kependekan dari nilai-nilai jujur, bermanfaat, tangguh, komunikatif. peduli sosial dan lingkungan, serta berpikir reflektif. Nilai-nilai ini merupakan implementasi dari berbagai falsafah Unpad, mulai dari Pola Ilmiah Pokok, budaya kerja RESPECT Unpad, hingga program karakter mahasiswa “Jawara”.

“Diharapkan kalau mahasiswanya begini (punya karakter Jatidiri), maka dia akan lebih mengenal dunia,” kata Prof. Hendriati.

Acara hari pertama, Jumat (14/7/2023) diisi dengan penyampaian materi pengenalan dari Kepala Kantor Kemitraan Alumni Unpad Dr. Risna Resnawaty, dan materi pengembangan karier mahasiswa oleh Kepala Pusat Pengembangan Karier Dr. Rosaria Mita Amalia.

Di hari kedua, Sabtu (15/7/2023), acara diisi dengan penyampaian materi LKMM, lokakarya bidang kemahasiswaan, serta lokakarya penyusunan pedoman Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tingkat fakultas.*

Share this: