Masih Dibuka, Pendaftaran Jalur Mandiri IUP Unpad Hingga 25 Juli 2023

IUP Unpad
Kepala Kantor SMUP Ir. Anas, PhD, menjadi pembicara dalam Ayo Kenal Unpad (AKU) yang diselenggarakan secara daring, Selasa (18/7/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran masih membuka kesempatan bagi peminat masuk Unpad melalui Jalur Mandiri S-1 Kelas Internasional atau International Undergraduate Program (IUP). Pendaftaran dibuka hingga 25 Juli 2023 mendatang.

“Kesempatan untuk kuliah di Unpad melalui jalur kelas internasional masih terbuka lebar,” kata Kepala Kantor SMUP Ir. Anas, M.Sc., PhD. dalam Ayo Kenal Unpad (AKU) yang diselenggarakan secara daring, Selasa (18/7/2023).

Lebih lanjut Anas mengatakan, ada delapan program studi yang ditawarkan pada Program IUP Unpad, yaitu Akuntansi, Manajemen, Ilmu Ekonomi, dan Bisnis Digital pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kedokteran Gigi pada Fakultas Kedokteran Gigi, Farmasi pada Fakultas Farmasi, dan Hukum pada Fakultas Hukum.

”Kuota masing-masig prodi bisa di cek di website SMUP,” ujar Anas.

Anas menjelaskan, mahasiswa jalur ini akan mengikuti kelas khusus berbahasa Inggris dan diberi kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya berinternasionalisasi. Sejumlah prodi yang membuka program ini telah bekerja sama dengan mitra internasional di berbagai negara untuk kolaborasi pelaksanaan studi.

“Jadi makin memperluas kesempatan dan wawasan serta pengalaman,” ujar Anas.

Pendaftaran tersebut dapat diikuti bagi lulusan SMA tahun 2021, 2022, atau 2023 yang memiliki nilai UTBK atau SMUP. Selain itu, pendaftar juga harus memiliki sertifikat bahasa Inggris dari lembaga yang diakui Unpad.

“Kriteria seleksinya berdasarkan sesuai kuota dari gabungan nilai kemampuan bahasa Inggris dan nilai UTBK atau SMUP 2023,” ungkap Anas.

Selain mahasiswa asal Indonesia, program ini juga terbuka bagi pendaftar warga negara asing. Bagi WNA, peserta harus mengunggah nilai rapor dan sertifikat kemampuan bahasa Inggris. Pendaftar WNA juga akan melalui seleksi interview.

Pengumuman hasil seleksi akan dilakukan pada 31 Juli 2023. Anas pun mengingatkan bagi peminat jalur ini untuk segera mendaftar. Informasi lengkap dapat dilihat di website smup.unpad.ac.id

“Jangan sampai terlambat untuk mendaftar,” imbau Anas.

Acara Ayo Kenal Unpad kali ini juga diisi pemaparan masing-masing program studi yang membuka Program IUP. Naarsumber yang hadir yaitu Koordinator IUP Fakultas Hukum Unpad Dr. Helza Nova Lita, S.H., M.H., Kepala Unit Internasionalisasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad Meinanda Kurniawan, SE, MBuss (Res) Ph.D., Kepala Unit Internasionalisasi Fakultas Farmasi Unpad Holis Abdul Holik, Ph.D., M.Si., Apt., dan Kepala Unit Internasionalisasi Fakultas Kedokteran Gigi drg. Dewi Zakiawati, M.Sc., Sp.PM. (arm)*

Share this: