Dirut BPJS Kesehatan: Program JKN Dorong SDM Indonesia Mampu Berdaya Saing

Direktur Utama BPJS Kesehatan Prof. Ali Ghufron Mukti menyampaikan kuliah umum di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Kamis (20/7/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal media Unpad] Direktur Utama BPJS Kesehatan Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D, AAK memberikan kuliah umum kepada keluarga besar Universitas Padjadjaran mengenai “Tantangan Pembiayaan Kesehatan di Era JKN” Masa Kini dan Masa yang Akan Datang” di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Kamis (20/7/2023).

Pada kesempatan tersebut, Prof. Ghufron mengatakan bahwa agar sumber daya manusia Indonesia mampu berdaya saing, diperlukan adanya perlindungan sosial. Salah satu perlindungan sosial untuk masyarakat adalah melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Tidak ada keadilan sosial tanpa ada jaminan sosial. Tidak ada jaminan sosial tanpa perlindungan sosial. Maka perlindungan sosial itu sesuatu hal yang harus disitu,” katanya.

Prof. Ghufron menjelaskan, salah satu fungsi BPJS Kesehatan adalah untuk memberikan akses kepada masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan tanpa ada kesulitan keuangan.

Dalam paparannya, Prof. Ghufron menjelaskan sejumlah program BPJS Kesehatan serta tantangan yang dihadapi. Salah satu tantangannya adalah tuntutan peningkatan kualitas dari masyarakat. Selain mudah diakses, peserta BPJS Kesehatan juga ingin layanan yang cepat, nyaman, dan tidak didiskriminasikan.

BPJS Kesehatan pun berupaya memberikan kualitas terbaik kepada masyarakat. Peningkatan layanan diberikan, termasuk dengan menghadirkan sejumlah inovasi dengan dukungan teknologi informasi.

“Kita inginnya cepat, mudah, setara,” ujar Prof. Ghufron.

Acara tersebut dihadiri para dosen, mahasisiswa, dan tenaga kependidikan di lingkungan Unpad. Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti berharap, acara tersebut dapat memberikan pencerahan kepada hadirin mengenai sejumlah program dan tantangan BPJS Kesehatan.

Selain kuliah umum, acara dilanjutkan dengan kunjungan Dirut BPJS Kesehatan beserta pimpinan Unpad ke lokasi pembangunan Rumah Sakit PTN Unpad. (arm)*

Share this: