Unpad, MarkPlus, dan Lokatekno Kolaborasi Luncurkan Program Pembelajaran MOOC

MOOC
Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti bersama Ketua MWA Unpad Arief Yahya, Pendiri Markplus Hermawan Kartajaya, Staf Khusus Kementerian Koperasi dan UKM RI Agus Santoso, CEO MarkPlus Inc. Jacky Mussry, serta Direktur Utama Lokatekno David Santoso meluncurkan kelas pembelajaran MOOC di Unpad Luhung dalam acara Closing Ceremony The 11th Jakarta Marketing Week 2023 yang digelar di Atrium Utrama Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Minggu (18/6/2023) malam. (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran bersama MarkPlus Institute dan Lokatekno resmi meluncurkan program Massive Open Online Course (MOOC) sebagai bagian dari platform pembelajaran “Unpad Luhung” dan implementasi Hybrid University.

Peluncuran MOOC Unpad-MarkPlus Institute-Lokatekno digelar dalam acara Closing Ceremony The 11th Jakarta Marketing Week 2023 yang digelar di Atrium Utrama Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Minggu (18/6/2023) malam. 

Peluncuran dilakukan oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti, Ketua MWA Unpad Arief Yahya, Pendiri MarkPlus Hermawan Kartajaya, Staf Khusus Kementerian Koperasi dan UKM RI Agus Santoso, CEO MarkPlus Inc. Jacky Mussry, serta Direktur Utama Lokatekno David Santoso.

Dalam sambutannya Rektor mengatakan, Platform pembelajaran jarak jauh kerja sama dengan MarPlus Institute dan Lokatekno hadir untuk menyebarkan lebih luas ilmu pengetahuan kepada masyarakat melalui konten dalam MOOC. Konten ini bisa diakses oleh mahasiswa maupun masyarakat umum, khususnya ASN dan pelaku UMKM, melalui platform pembelajaran Unpad Luhung.

“Silakan bergabung dengan kami untuk meningkatkan pengetahuan secara online, belajarnya tidak harus datang tetapi bisa online,” kata Rektor.

Ada beberapa kelas yang tersedia dalam platform MOOC Unpad-MarkPlus-Lokatekno. Pertama kelas Public Service in Digital Era. Kelas ini diperuntukkan bagi para ASN untuk meningkatkan keterampilan pelayanan publik dan penguasaan komunikasi.

Kelas kedua Digital Branding for UMKM. Kelas ini diperuntukkan bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan keterampilan bisnis efektif dengan memanfaatkan kekuatan pemasaran digital serta meningkatkan wawasan mengenai digital branding yang efektif.

Kelas ketiga Entrepreneurship and Leadership for Students. Kelas ini diperuntukkan bagi mahasiswa sebagai pelengkap studi perkuliahan. Diharapkan, mahasiswa dapat memiliki keterampilan kewirausahaan dan kepemimpinan untuk mempersiapkan masa depan gemilang.

Sementara itu Agus Santoso mengatakan, hadirnya platform pembelajaran MOOC Unpad diharapkan dapat mendukung peningkatan jumlah wirausaha di Indonesia. Saat ini, Kemenkop UKM RI mencatat bahwa jumlah pelaku UMKM di Indonesia masih berkisar 3,74 persen.

“Kerja sama akademisi Unpad dengan industri ini menjadi hal baik dan semoga cita-cita kita untuk meningkatkan kewirausahaan Indonesia dapat terwujud melalui penyediaan pendidikan model baru,” ujarnya.*

Share this: