Unpad Jalin Kerja Sama Riset dan Akademik dengan Kitami Institute of Technology

Universitas Padjadjaran menjalin kerja sama dengan Kitami Institute of Technology, Jepang melalui penandatanganan Memorandum of Understanding yang digelar di Ruang Executive Lounge Gedung Rektorat Kampus Unpad, Jatinangor, Selasa (26/6/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

Laporan oleh Sulthan Adam Wizarddinan Hariono

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran memperkuat internasionalisasi melalui kerja sama dengan Kitami Institute of Technology (KIT), Jepang. Kerja sama tersebut direalisasikan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang digelar di Ruang Executive Lounge Gedung Rektorat Kampus Unpad, Jatinangor, Selasa (26/6/2023).

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan Rektor Unpad yang diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Arief S. Kartasasmita dengan Presiden KIT Soichiro Suzuki. Penandatanganan tersebut dihadiri sejumlah pimpinan universitas dan fakultas di lingkungan Unpad serta sejumlah pimpinan KIT.

Dalam sambutannya Prof. Arief mengatakan, kolaborasi dengan KIT diinisiasi oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad. Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan manfaat luas, tidak hanya bagi institusi, tetapi juga mahasiswa dan alumni Unpad.

Dekan FPIK Unpad Dr. Yudi Nurul Ihsan mengatakan, kunjungan KIT ke Unpad merupakan tindak lanjut dari kunjungan awal yang dilakukan Rektor Unpad ke KIT akhir April lalu. Pada kunjungan pertama, kedua pihak sepakat untuk memperkuat kolaborasi, baik dalam bidang riset maupun pendidikan.

“Kami menyambut kehadiran Kitami Institute of Technology dengan mencanangkan adanya forum lebih lanjut dan penindaklanjutan MoU terkait kolaborasi tersebut,” kata Yudi.

Soichiro Suzuki menyampaikan apresiasi atas momentum kerja sama yang dilakukan dengan Unpad. Menurutnya, KIT memiliki banyak proyek kolaboratif, salah satunya pengembangan hidrogen sebagai teknologi terbaru untuk mengurangi dampak pemanasan global.

“Proyek kolaboratif ini akan memberi banyak kesempatan untuk bertukar ide, berbagi pengetahuan dan berkolaborasi dalam penelitian akademik serta teknologi,” kata Suzuki.

Sebagai tahap awal kerja sama, KIT akan mengirimkan satu profesor untuk memberikan kuliah tamu di Unpad. Selain itu, Unpad akan mengirimkan sejumlah mahasiswa untuk belajar di KIT.

“Semoga kolaborasi akademik ini dapat mendukung dan memberikan solusi terhadap permasalahan global,” kata Suzuki.

Dalam kesempatan tersebut, Suzuki secara simbolis menyampaikan letter of acceptance kepada tiga mahasiswi FPIK Unpad yang melakukan program pertukaran mahasiswa ke KIT. Tiga mahasiswi tersebut, yaituAzzahra Aino Javidani, Khanza Khairunnisa Amirah, dan Soraya Malika Putri. (arm)*

Share this: